Foto: Arrahmah

5 Masjid Indah di Dunia

INSPIRADATA. Masjid dengan corak arsitektur menakjubkan nan indah bisa kita ketahui dan temui hampir di seluruh belahan dunia. Kemegahan dan keunikannya tentu punya sejarah dan keunikannya masing-masing sebagai obyek wisata.

Seperti dikutip dari MisterAladin oleh Okezone, berikut 5 masjid indah di dunia:

Masjid Biru atau Masjid Sultan Ahmed, Turki Blue Mosque

Masjid megah yang bernama resmi Masjid Sultan Ahmed ini lebih populer disebut Masjid Biru karena keramik biru yang digunakan pada dinding-dindingnya. Dibangun pada 1609 sampai 1616, masjid ini bergaya arsitekturnya campuran antara Masjid Ottoman dengan Gereja Byzantine. Keunikan yang dapat ditemukan di masjid ini adalah pengurus masjid yang terkadang meletakkan telur burung unta di lampu-lampu yang ada di sini untuk mengusir laba-laba yang suka membuat jaring di sudut-sudut masjid.

Foto: Arrahmah
Masjid Agung Xi’an, China Xian

Penyebaran Islam sudah sampai ke China sejak berabad-abad lalu dan ini meninggalkan sebuah masjid unik berarsitektur China, yaitu Masjid Agung Xi’an. Masjid ini adalah yang tertua di China karena dibangun di tahun 742 M. Selain menjadi tempat kunjungan wisata bagi turis, Masjid Agung Xi’an juga masih aktif digunakan oleh masyarakat muslim di sana.

Hasil gambar untuk masjid agung xi'an

Masjid Shah Faisal, Pakistan Shah Faisal

Masjid yang selesai dibangun pada tahun 1986, Masjid Shah Faisal adalah salah satu ikon kota Islamabad yang paling banyak dikunjungi para wisatawan. Uniknya, atap masjid ini tidak memiliki kubah, melainkan hanya tenda padang pasir.

Hasil gambar untuk masjid shah faisal

Masjid Agung Sheikh Zayed, Uni Emirat Arab Sheikh Zayed

Masjid terbesar di seluruh jagat Uni Emirat Arab ini bisa menampung hingga 40.000 orang. Bukan cuma luas bangunannya yang bisa bikin kamu terpana, bahan-bahan alam yang dipakai untuk membangun masjid ini juga terbilang mewah, seperti kristal, emas, marmer, dan batu-batuan mulia.

Hasil gambar untuk masjid agung sheikh zayed

Masjidil Haram, Mekah Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah tempat berkumpulnya umat Islam dari seluruh dunia untuk menunaikan ibadah Haji dan ini merupakan masjid pertama yang dibangun manusia. Bangunan masjid ini mengelilingi Kabah yang merupakan tempat tersuci bagi umat Islam. Luasnya sampai 40 hektar, dan bisa menampung hingga 4 juta orang di area indoor dan outdoor-nya. []

Hasil gambar untuk masjidil haram


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *