Unik, Informatif , Inspiratif

5 Minyak Alami Ini Ampuh Atasi Masalah Ketombe

0

Ketombe merupakan masalah yang umum terjadi pada kulit kepala. Masalah ini disebabkan oleh kulit kepala yang kering, juga kondisi medis lain seperti eksim dan psoriasis.

Masalah ketombe ini biasanya sangat mengganggu. Selain merusak penampilan, ketombe juga membuat tidak nyaman karena menyebabkan rasa gatal di kepala.

BACA JUGA: 4 Bahan yang Mudah Ditemui Ini Ampuh Basmi Ketombe

Selain dengan obat-obatan, ada cara alami untuk mengatasi masalah ini. Bahan alami yang bisa digunakan adalah minyak alami. Apa saja pilihan minyak dari bahan alami yang dapat mengatasi ketombe?

Terdapat beberapa minyak rambut yang dapat membantu meringankan masalah kulit kepala yang kering. Minyak ini berguna untuk mengembalikan kelembapan pada kulit.

Berikut adalah beberapa pilihan minyak alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe di kulit kepala:

Tea tree oil (minyak pohon teh)

Meskipun belum banyak penelitian yang membahas minyak alami tea tree oil untuk mengatasi ketombe, cara satu ini patut Anda coba.

Sebuah laporan yang dirilis dalam Journal of the American Academy of Dermatology pada tahun 2002 menyatakan, sampo yang mengandung tea tree oil bisa membantu masalah ketombe dalam tingkat yang masih ringan hingga menengah.

Lemongrass oil (minyak serai)

Dalam pengobatan tradisional, masyarakat memanfaatkan serai dan minyaknya untuk mengobati masalah pencernaan, darah rendah, dan meringankan stres. Minyak alami berbahan serai ini juga memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi gejala ketombe.

Menurut hasil dari penelitian yang dirilis di tahun 2015, tonik rambut yang mengandung minyak alami berbahan serai sebanyak 10 persen, dapat mengatasi ketombe hingga 81 persen setelah dua minggu pemakaian.

Seperti tea tree oil, minyak serai berisiko bisa menyebabkan iritasi dan reaksi alergi jika digunakan langsung pada kulit.

Anda dapat melarutkan dahulu kedua minyak ini dengan air atau mencampurnya pada sampo atau kondisioner yang biasa digunakan dengan cara diteteskan.

Minyak kelapa

Efek melembapkan dari dari minyak kelapa alami cukup menjanjikan karena dapat membantu mengatasi ketombe dan kulit kepala yang kering secara bersamaan.

Sebuah penelitian di tahun 2008 menemukan bahwa minyak kelapa dapat mengobati eksim dan jamur secara bersamaan.

Selain itu, minyak ini juga dapat mengurangi peradangan dan rasa nyeri. Menggunakan minyak ini dapat mengurangi masalah yang berhubungan dengan ketombe.

Jojoba oil (minyak jojoba)

Minyak jojoba dapat digunakan sebagai pelembap dan dapat ditambahkan pada kondisioner untuk menambah perlindungan terhadap kulit kepala kering, kerusakan rambut, rambut bercabang, dan merupakan cara mengatasi ketombe yang cukup baik.

Sifatnya yang melembapkan juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi ketombe. Manfaat dari minyak jojoba ini juga sudah dikonfirmasi oleh sebuah ulasan dermatologis.

Neem oil (minyak nimba)

Mungkin minyak satu ini masih asing terdengar. Namun, minyak alami yang berbahan nimba memiliki beberapa manfaat ketika dipakaikan pada kulit dan rambut, salah satunya mengatasi ketombe.

Tanaman nimba sendiri berasal dari India dan banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional. Minyak ini mengandung beberapa asam lemak yang dipercaya bermanfaat untuk kulit, yaitu asam oleat dan asam linoleate.

BACA JUGA: Ketombe Membandel? Ini 10 Tips Mengatasi Ketombe pada Kulit Kepala

Minyak nimba sering digunakan untuk mengobati masalah seperti kulit kepala kering dan ketombe. Penggunaannya biasanya dilarutkan terlebih dahulu dalam carrier oil atau minyak biasa digunakan sebagai pelarut minyak esensial.

Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang menyebabkan rasa gatal dan kulit terkelupas. Kondisi ini dapat mempengaruhi hargi diri dan kualitas hidup seseorang.

Beberapa penelitian telah secara spesifik menganalisis efek dari minyak alami untuk mengatasi ketombe. Kebanyakan pengobatan alami ini membuahkan hasil positif dari para penggunanya.

Meski begitu, belum tentu semua orang mendapatkan hasil yang sama. Jika mengalami kondisi kulit kepala seperti eksim dan psoriasis, Anda lebih baik berkonsultasi pada dokter sebelum mencoba pengobatan alami. []

SUMBER: HELLO SEHAT


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.