Unik, Informatif , Inspiratif

5 Nama Dibalik Sumpah Pemuda

0

, 5 Nama Dibalik Sumpah PemudaINSPIRADATA. 28 Oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Pada tanggal tersebut, tepat 88 tahun yang lalu, pemuda-pemuda Indonesia berkumpul dalam sebuah kongres yang dikenal sebagai Kongres Pemuda. Hasilnya adalah sebuah gagasan cemerlang, tentang tanah air, bangsa dan bahasa yang menegaskan  persatuan Indonesia. Sebuah ikrar yang pada akhirnya menjadi nyala bagi semangat perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ikrar itu dinamakan Sumpah Pemuda.

Ada banyak tokoh pemuda dari seluruh Indonesia yang mengikuti kongres tersebut, namun diantara sekian banyak nama, tercatat 5 orang yang memegang peranan penting dalam kongres tersebut. Dikutip dari Selasar5 orang tokoh tersebut adalah sebagai berikut:

Soegondo Djojopoespito. Dia adalah ketua Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 tersebut.

Related Posts
1

Indonesia Masuk Negara Paling Kecanduan Internet

Mohammad Yamin. Dia adalah sekretaris sekaligus notulen dalam kongres. Dialah pencetus rumusan pikiran yang sekarang  ini kita kenal sebagai teks Sumpah Pemuda.

Wage Rudolf Supratman. Dia dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’. Dalam Kongres Pemuda inilah lagu tersebut untuk pertama kalinya diperdengarkan lewat gesekan biolanya.

Soenario Sastrowardojo. Dia adalah penasihat dalam Kongres Pemuda II. Selain itu, ia  juga menjadi pembicara dalam Kongres. Judul makalahnya adalah Pergerakan Pemuda dan Persatuan Indonesia.

Sie Kong Liong. Dia adalah pemilik rumah tempat kongres berlangsung. Saat ini rumah yang beralamat di jalan Kramat Djati no. 106 itu dijadikan Museum Sumpah Pemuda.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.