panti asuhan
Foto: Pijar News

5 Pelajaran Berharga Tentang Hidup Ini Hanya Akan Kamu Dapatkan di Panti Asuhan

Panti asuhan adalah tempat berkumpulnya anak yang kurang beruntung dengan segala kekurangannya. Mereka yang tinggal di panti biasanya tidak punya orangtua atau tidak punya tempat tinggal untuk berlindung. Namun dari kekurangan yang mereka miliki, kita sebenarnya bisa mengambil beberapa pelajaran hidup ketika berkunjung ke panti asuhan. 

1. Peduli

Rasa kepedulianmu terhadap sesama akan semakin kuat dan nyata. Kamu tidak sekedar memiliki perasaan peduli, kamu akan lebih memiliki tindakan yang nyata. Kamu akan selalu berpikir untuk membantu mereka dan membuat mereka nyaman dengan kehadiranmu.

2. Bersyukur

Hal pertama yang akan kamu rasakan saat pertama kali berkunjung adalah bersyukur. Kamu pasti akan jauh lebih bersyukur saat melihat mereka yang tidak bisa seperti dirimu saat ini.  Setiap manusia pasti punya kesulitan hidup masing-masing. Namun kamu tetap akan jauh lebih bersyukur karena kamu tahu ada orang-orang yang jauh lebih membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Bersyukurlah karena kamu tidak harus tinggal di panti asuhan. Bersykurlah kamu masih bisa berbagi kasih dengan mereka. Dan bersyukurlah karena kamu masih bisa bersyukur.

3. Menghargai waktu

Saat kamu melihat sesamamu harus tinggal di panti asuhan, kamu sadar bahwa menghabiskan waktu bersama keluarga itu adalah hal yang paling berharga. Tidak ada yang sanggup menggantikan indahnya bercengkrama bersama keluarga walaupun hanya di halaman rumah. Selagi masih bisa menikmatinya, hargailah waktu berhargamu bersama keluarga tercinta.

4. Menghargai sesama

Setelah menghabiskan beberapa saat di panti asuhan, kamu juga akan belajar banyak tentang menghargai satu dengan yang lainnya. Kamu menghargai kondisi kehidupan sesamamu yang berbeda-beda. Kamu menghargai pola pikir sesamamu yang berbeda. Dan kamu mengharga setiap hal yang telah terjadi dalam hidupmu selama ini. Kamu akan lebih memperhatikan hal-hal kecil dan tidak mengabaikannya.  

5. Menyayangi orang di sekelilingmu

Kamu sadar bahwa banyak sekali orang yang tidak bisa mendapatkan kasih sayang dari luarganya. Karena itu kamu sadar bahwa kamu lebih beruntung dan kamu ingin berbagi kasih sayang untuk mereka.

 

 

Selain 5 pelajaran hidup ini, masih banyak pelajaran hidup yang bisa diambil ketika berkunjung ke panti asuhan. Pola pikir bahkan kehidupanmu akan jauh lebih baik, dan kamu akan jauh lebih mensyukuri hidupmu saat ini. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *