Unik, Informatif , Inspiratif

5 Perubahaan Pria Setelah Menjadi Ayah

0

Semua orang tahu, ketika perempuan menjadi seorang ibu, dia mengalami perubahan hormon. Lalu bagaimana dengan ayah? Apakah ada perubahan yang dialami?

Banyak penelitian yang dilakukan untuk mengungkap perubahan pria saat menjadi ayah. Berikut beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh dan emosional para pria ketika mereka menjadi ayah:

1. Punya kontrol emosi yang baik

Saat menjadi seorang ayah, tentunya akan selalu melakukan kontak dengan ibu dan bayinya yang bisa meningkatkan hormon seperti hormon estrogen, oksitosin, prolaktin, dan glukokortikoid. Hormon-hormon ini akan bisa bereaksi pada tubuh pria sehingga ia lebih bisa memiliki kepribadian yang tenang dan bisa lebih senang menghabiskan waktu bermain dengan anak-anak sehingga bisa membangun kedekatan dengan sang anak.

BACA JUGA: Ini Hal Pertama yang Dinilai Wanita dari Seorang Pria

2. Lebih betah bersama anak-anak

Kermyt Anderson, salah satu penulis buku Fatherhood: Evolution and Human Paternal Behavior mengatakan bahwa seorang ayah bisa menghabiskan banyak waktu untuk seorang anak seperti bermain lama, rekreasi maupun aktivitas lain karena ia merasa senang dan betah bersama anak-anaknya. Tentunya hal ini sangatlah berbeda saat ia belum memiliki anak.

3. Lebih percaya diri

Dia akan jadi lebih percaya diri karena kini dia sudah menjadi seorang suami dan ayah. Jangan kaget jika kemudian dia jadi lebih bangga dengan dirinya sendiri.

BACA JUGA: 3 Sifat Pria yang Dibenci Wanita

4. Lebih menjaga kesehatan

Sejumlah studi juga mengatakan bahwa ayah akan lebih sadar terhadap kesehatannya dengan lebih sering berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat. Ia akan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, membeli yang tidak perlu, sampai hal-hal yang berbahaya seperti melaju kencang di jalanan. Dr. Marcus Goldman, penulis The Joy of Fatherhood, juga menguatkan pernyataan ini bahwa seorang pria akan punya tujuan hidup setelah menjadi ayah karena ia punya alasan jelas untuk bisa peduli dengan dirinya sendiri.

5. Merasa lebih keren

Ketika memiliki anak, Anda akan dipanggil sebagai ” Ayah” , ” Papa” , ” Daddy” atau sebutan sayang lain. Anda akan menjadi jagoan bagi si kecil. Segala sesuatu yang dilakukan akan membuatnya terkesima. Pastikan untuk terus memberinya contoh yang baik. Hadiah terbaik bagi seorang ayah adalah ketika anaknya tumbuh lebih hebat dari sang ayah. []

 

 

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline