Foto: katawarta.com

5 Rahasia Bekerja yang Bisa Diambil dari Angsa ketika Terbang

 

Foto: katawarta.com

INSPIRADATA. Anda memperhatikan angsa ketika sedang terbang? Ketika angsa terbang, mereka tidak pernah terlihat seekor atau dua ekor saja melainkan berupa sekelompok kawanan angsa.

Ada beberapa hal yang perlu kita tafakuri dan ambil sifat positif dari sekawanan angsa saat sedang terbang untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Sekawanan angsa saat terbang akan membentuk huruf “V” atau berupa anak panah yang dipimpin oleh seekor angsa di barisan paling depan. Hal tersebut bertujuan agar mudah menembus gelombang angin dan dinding udara serta memiliki jarak terbang 71% lebih jauh dibandingkan dengan jarak terbang angsa yang terbang sendirian.

Begitupun dengan kita sebagai manusia yang mempunyai berbagai kebutuhan, alangkah baiknya jika kita bekerja bersama saat melakukan sebuah pekerjaan, meluruskan tujuan yang sama, membentuk formasi atau membagi tugas secara merata, dan dipimpin oleh seorang leader yang bijaksana agar pekerjaan yang sedang kita kerjakan bisa cepat terselesaikan.

2. Apabila ada seekor angsa yang terbang agak lambat dan tertinggal dari barisan, maka angsa-angsa yang lain terbang agak lambat untuk menunggu dan angsa yang tertinggal berusaha mengepakkan sayapnya lebih cepat agar tidak tertinggal dari barisan.

Sebagaimana saat kita bekerja, apabila ada seseorang yang belum cukup mahir dalam menyelesaikan pekerjaan seyogyanya rekan kerja yang lain memberi kesempatan dan membantu orang tersebut agar semua pekerjaan dapat cepat terselesaikan.

3. Ketika seekor pemimpin angsa merasa kelelahan, maka ia akan mundur ke formasi paling belakang untuk memulihkan energi. Dan posisinya digantikan sementara oleh angsa yang lain.

Maka dari itu, ketika seorang leader dalam sebuah tim kerja merasa kelelahan dan sedikit kewalahan dengan pekerjaan beratnya, rekan kerja yang lain harus segera menggantikan dan mengambil alih pekerjaan agar tidak terbengkalai.

4. Sebagai mana rombongan tentara yang sedang berjalan bersama, angsa-angsa juga mengeluarkan suara riuh saat mereka terbang. Tujuannya, untuk menjaga kwalitas semangat dan mengurangi rasa lelah serta memunculkan kekompakkan.

Begitu pula kita harus saling dukung terhadap sesama rekan kerja dengan memberikan kata-kata semangat dan semacamnya untuk memunculkan tim kerja yang bersemangat dan terlihat kompak.

5. Jika ada seekor angsa yang sakit, ditembak, dan kelelahan, maka dua angsa yang lain akan terbang di sampingnya untuk meringankan beban terbang meskipun harus tertinggal dari formasi.

Bahkan, mereka berdua akan tetap di samping angsa yang lemah sampai angsa itu mati. Dan formasi angsa yang lainakan tetap terbang agar tujuan mereka cepat tercapai meskipun ada angsa yang harus tertinggal. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *