foto: alhaliim.com

5 Sumber Kebahagiaan Wanita dalam Sebuah Pernikahan

Pernikahan merupakan sesuatu yang membahagiakan. Walaupun tidak sedikit tantangan atau rintangan dalam kehidupan pernikahan, tetapi banyak kebahagiaan yang tercipta di dalamnya.

Khusus bagi wanita seperti dilansir dari Elmin-id.com, ada 5 sumber kebahagiaan yang bisa diperolehnya  dalam pernikahan:

Saling memberi dan menerima

Menerima dan memberi adalah sebuah pekerjaan hati, ia melibatkan emosi banyak rasa yang ikut serta disini. Mungkin itu bahagia, mungkin itu sedih, mungkin itu kecewa, dan  mungkin juga itu kesal. Butuh elemen sabar dan ikhlas agar semuanya menjadi sumber kebahagiaan yang sejati.

Ketika berbakti kepada suami

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, melaksanakan shaum pada bulannya, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja ia kehendaki.” (HR Ibnu Hibban dalam Shahihnya)

Taat dan berbaktilah kepada suamimu Insya Allah surga bagimu, tentu tidak hanya surga diakhirat kelak, melainkan juga surga didunia. Kebahagiaan dalam ketenangan hati dan jiwa.

Di saat hamil dan melahirkan

Jika ditanyakan kepada setiap wanita tentang kebahagiaan saat hamil, maka mereka akan menjawab ada kebahagiaan tersendiri dimasa-masa kehamilan. Begitu juga dengan melahirkan, terlihat begitu menyakitkan, melelahkan bahkan nyawapun menjadi tantangannya hingga Allahpun menganugerahkan syahid bagi para ibu yang meninggal dunia saat melahirkan. Namun semua rasa lelah dan sakit itu berubah jadi kebahagiaan ketika buah hati lahir ke dunia.

Disaat menyusui anaknya.

Aktivitas menyusui akan membangun kedekatan serta kelekatan antara seorang anak dengan ibunya. Tidak hanya tentang air susu itu yang diminum, namun juga pada prosesnya di waktu menyusui, disaat ibu mendekap anaknya, menatap mata anaknya, mengelus-ngelus kepala anaknya sembari terus membacakan ayat-ayat ilahi ataupun do’a-do’a agar kelak Allah jadikan anaknya anak yang shaleh dan berbakti kepada orang tua. Pada proses inilah sebenarnya sumber kebahagiaan sejati itu.

Di saat bersabar dan berbagai situasi dan kondisi

”Wahai orang-orang yang beriman jadikan lah sabar dan sholat sebagai penolongmu.” (Q.S  Al-baqarah : 153)

Perjalanan kehidupan pernikahan tidak akan selamanya berjalan dengan mulus, berjalan dengan lancar tanpa rintangan dan hambatan sekalipun, tak ada pernikahan yang terlepas dari masalah, dan tidak ada juga pernikahan yang terbebas dari konflik. Bahkan adanya masalah, adanya konflik, adanya goncangan serta kerikil-kerikil kecil dalam kehidupan rumah tangga adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan rumah tangga, bahkan ini semua menjadi sumber kebahagiaan utama bagi kehidupan berumah tangga. Tentu dengan syarat kita mesti menghadapi semuanya dengan penuh kesabaran dan juga shalat sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-baqarah ayat 153 diatas.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *