tari tradisional indonesia
Foto: arjunatravelindo.blogspot.com

5 Tarian Tradisional Indonesia Ini Layak Go International

Indonesia mempunyai banyak ciri khas yang tidak banyak dimiliki negara lain. Salah satunya adalah keberagaman tarian tradisionalnya. Tari tradisional miliki Indonesia ini juga dikenal di mata dunia, bahkan beberapa di antaranya masuk ke dalam daftar warisan budaya UNESCO.

Untuk lebih mengenal jenis tarian tradisional Tanah Air, berikut lima tarian milik Indonesia yang bisa mendunia.

1. Tari Kecak

kecakdance-e3dfa4024f72fd817cd0a5c3684d98d1.jpg
baliaround.com

Kalau yang satu ini merupakan tarian khas Bali. Tarian ini umumnya merupakan tarian yang mengisahkan kisah Ramayana dan sebagian besar dimainkan oleh laki-laki. Para penari akan duduk melingkar dan mengangkat kedua tangan sambil mengumandangkan “cak cak cak”. Asal muasal tari kecak ini ternyata berasal dari ritual sanghyang, di mana para penari berada dalam kondisi tidak sadar.

Seruan para penari kecak yang unik dan mengandung nuansa mistis ini ternyata kerap dijadikan unsur musik untuk beberapa karya seni di luar negeri lho. Misalnya film animasi Jepang Akira yang memasukan seruan tari kecak dan gamelan ke dalam scoring-nya atau footage dari para penari kecak dalam film Baraka.

Berbicara soal tari kecak sebagai tarian tradisional Indonesia, tahun ini Galeri Indonesia Kaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menghadirkan Indonesia Menari 2017 dan mengundang masyarakat untuk berpartisipasi di ajang menari massal ini. Acara ini diadakan pada tanggal 19 November 2017 di Grand Indonesia Jakarta, The Park Mall Solo, dan Mall 23 Paskal Bandung. Nah, acara ini jadi cara unik untuk kamu mengapresiasi seni tari Indonesia lho. Tunggu apalagi? Yuk, ajak teman-temanmu untuk ikutan dan daftar di sini.

2. Tari Pendet

1200px-tari-pendet-78b567e4005fe77e5ec6519dc0349f13.jpg
wikimedia.org

Tarian asal Bali ini umumnya dilakukan di pura sebagai suatu bentuk pemujaan. Kalau sekarang, biasanya tari pendet dilakukan sebagai pembuka untuk suatu upacara tertentu. Nah, tarian ini biasanya dilakukan perempuan muda dengan membawa mangkuk berisi lembaran daun bunga.

3. Reog Ponorogo

19-reog-ponorogo-7d37357671aa6ddaad78ee999560f864.jpg
arjunatravelindo.blogspot.com

Ada berbagai macam jenis reog, tapi Reog Ponorogo asal Jawa Timur adalah salah satu yang paling terkenal. Nah untuk jadi penari reog ini gak sembarangan lho. Seorang penari yang biasa disebut warok harus menopang topeng Singa Barong seberat 50 kg hanya dengan gigitan. Gak heran mereka memiliki fisik yang kuat. Tarian ini biasanya terdiri dari tiga set yang menceritakan kisah Raja Ponorogo dan Singa Barong.

4. Tari Jaipong

jaipong-a879a92e910922d8f38134b2b88fb67e.jpg
kaskus.co.id

Nah, tarian yang satu ini merupakan tarian khas masyarakat Sunda dan dipopulerkan oleh Gugum Gumbira, seorang seniman asal Bandung. Buat yang belum tahu, ternyata gerakan tari jaipong ini terinspirasi dari gerakan pencak silat lho.

 

5. Tari Saman

saman-dance-4-7b1a7b7a327660351f48a142f581b536.jpg
topindonesiaholidays.com

Kalau ada tarian yang paling populer dari Indonesia, boleh jadi itu merupakan Tari Saman. Nah, tari seribu tangan ini merupakan seni tari tradisional yang berasal dari suku Gayo, provinsi Aceh, Sumatera. Ciri khas dari tarian ini adalah gerakannya yang sulit karena berfase cepat dan butuh kekompakkan dari masing-masing penari. Kepopulerannya membuat Tari Saman diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dari Aceh yang harus dilestarikan di tahun 2011.

Sumber: idntimes.com

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *