atasi lidah terbakar, 5 Tips Atasi Lidah yang Terbakar setelah Konsumsi Makanan Panas
Unik, Informatif , Inspiratif

5 Tips Atasi Lidah yang Terbakar setelah Konsumsi Makanan Panas

0

Biasanya setelah menyantap makanan atau minuman panas lidah akan terasa seperti terbakar dan itu sangat menganggu. Tak hanya membuat kita kurang bisa menikmati makanan yang disantap, tapi rasa kebasnya juga membuat tidak nyaman.

Jika Anda mengalami hal ini karena terlalu terburu-buru dan tidak sabar ingin menikmati makanan atau sajian panas lainnya, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi sensasi lidah yang terbakar, sebagaimana dilansir dari Vemale berikut ini.

1. Madu

Jika tak suka dengan rasa asin yang mungkin tertinggal setelah berkumur dengan air garam, Anda bisa memanfaatkan si manis madu yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi risiko luka bakar. Caranya oleskan madu pada lidah yang terbakar. Ulangi 2-3 kali sehari. Lakukan hingga luka bakar benar-benar sembuh.

2. Air dingin

Meminum air dingin dianggap menjadi salah satu cara paling cepat dan tepat untuk mengatasi lidah terbakar. Minuman yang dingin dipercaya dapat membantu lidah kembali normal. Kalau perlu, Anda juga bisa menggunakan es batu dengan cara meletakannya pada bagian lidah yang terbakar.

3. Yogurt

Yogurt juga menjadi salah satu obat untuk mengurangi risiko lidah yang terbakar. Untuk memanfaatkannya, ambil setengah sendok yogurt dingin lalu makan dengan perlahan. Sebelum ditelan, diamkan di lidah hingga 2 menit. Ulangi hingga semua yoghurt habis. Kandungan nutrisi pada yoghurt akan mengurangi iritasi karena lidah terbakar.

4. Air garam

Selain air dingin, Anda juga bisa memanfaatkan air garam. Namun bukan untuk diminum melainkan hanya untuk berkumur. Caranya tambahkan satu sendok kecil garam ke dalam satu gelas air hangat. Kumur dengan air tersebut selama 30 detik. Ulangi hingga lidah kembali normal.

5. Lidah buaya

Kandungan nutrisi dalam tanaman obat ini dipercaya dapat mengurangi risiko lidah terbakar. Cukup kupas lidah buaya, lalu ambil bagian gelnya dan oleskan pada lidah yang terbakar. Kandungan nutrisinya mengurangi peradangan akibat lidah terbakar. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.