Unik, Informatif , Inspiratif

5 Tips Jitu Hindari Kulit Kusam

0

TERKADANG banyak orang merasa tampil percaya diri ketika kesehatan tubuh, terutama kulitnya juga baik. Hal ini, paling dipermasalahkan oleh kaum wanita. Ya, wanita begitu cemas ketika kulitnya bermasalah. Dan salah satu masalah yang sering terjadi pada kulit ialah kusam.

Kulit kusam dapat disebabkan oleh beragam hal. Mulai dari polusi udara, kulit yang lelah, dehidrasi, kurang nutrisi, diet yo-yo (diet yang membuat berat badan Anda turun, lalu naik secara bergantian), kurang tidur, merokok, stres, kurang olahraga, dan mengonsumsi minuman beralkohol. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Lindungi kulit dari sinar matahari

Meski baik untuk kesehatan, terpapar sinar matahari pada jam-jam tertentu dan berlebihan juga dapat merusak kulit serta membuatnya kusam. Selain membuat kulit kusam, sinar matahari juga dapat membuat warna kulit tidak merata. Jadi, pastikan Anda tetap menggunakan tabir surya dengan kadar SPF 30, entah sedang berada di dalam ruangan atau tidak. Hal ini dimaksudkan agar sinar matahari yang masuk melalui kaca jendela tidak merusak kulit Anda.

Minum cukup air

Minum cukup air memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Termasuk mengatasi kulit kusam. Minum cukup air akan membantu tubuh agar tidak dehidrasi dan mempermudah tubuh membuang racun dari dalam tubuh. Sehingga, kulit kusam nampak berkurang dan akan terlihat lebih sehat. Minum 6 hingga 8 gelas air sehari dan dapatkan kulit lebih sehat.

Olahraga teratur

Dengan berolahraga secara teratur, selain dapat membakar kalori dalam tubuh ternyata juga membantu mendapatkan kulit yang tampak cerah, mengurangi kerutan, dan bebas kusam. Pasalnya, ketika Anda melakukan olahraga seperti aerobik, jantung akan memompa darah dengan kadar oksigen yang cukup untuk kulitmu. Selain itu, olahraga juga dapat menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh yang dapat merusak kolagen pada kulit.

Konsumsi buah dan sayur

Tidak hanya dapat membuat tubuhmu sehat, konsumsi buah dan sayur juga dapat membantumu menghilangkan kulit kusam dan menjadikannya tampak lebih sehat. Konsumsi buah yang mengandung vitamin C dapat melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak kolagen dan sel kulit. Begitu juga dengan konsumsi sayuran seperti bayam, di mana kandungan di dalamnya dapat menjaga kolagen sehingga kulit nampak lebih sehat.

Hindari merokok

Tidak hanya dapat mengganggu kesehatan, merokok ternyata juga dapat memengaruhi tampilan kulit Anda. Misalnya menyebabkan kulit kusam, kasar atau kering, dan dapat membuat kulit menua lebih cepat. []

SUMBER: ALODOKTER


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.