Foto: ABC

5 Tips Menambah Pengetahuan Tanpa Harus Mengeluarkan Budget

Foto: ABC

INSPIRADATA. Sebagai seorang manusia tentunya kita tidak akan pernah puas dengan yang namanya pengetahuan, selalu saja merasa kurang. Selain apa yang kamu tekuni, pasti ingn Kamu cari tahu dan pelajari. Untuk, mempelajari semua bidang yang Kamu inginkan sampai salah satunya dikuasai, Kamu tidak perlu sekolah formal mahal-mahal, atau ikut les sana-sini.

Seperti dilansir oleh Liputan6, berikut 5 cara untuk Kamu yang haus akan pengetahuan tapi dengan budget seminim mungkin:

1. Rajin baca situs-situs kredibel

Daripada mantengin berita hoax, ujaran kebencian atau konten negatif lainnya, mending kamu cari situs yang berbobot dan informatif, seperti Islampos, Satumedia, Ruangmuslimah dan masih banyak lagi. Dari situ referensi kita bisa lebih update.

2. Tonton video edukatif di Youtube

Jika kamu membuka Youtube, apa yang pertama kali kamu tonton? Vlog? Trailer film terbaru? Pasti masih banyak lagi, tapi lebih baik kamu menambah channel yang lebih edukatif dari sebelumnya, seperti channel Sick Sciense dengan pengetahuan fisika, biologi dan kimianya.

3. Pinjam buku di perpustakaan

Kunjungi perpustakaan yang dekat dengan rumahmu, apalagi jika waktu libur sepert ini. Daripada dihabiskan dengan bermain gadget atau bepergian ke tempat wisata, lebih baik kamu coba untuk berwisata ke perpustakaan, siapa tahu ada buku yang menarik untuk kamu baca.

4. Mencatat istilah-istilah yang belum kamu ketahui

Sepertinya kamu harus mulai membiasakan untuk mencatat. Terutama jika kamu sedang membaca atau sedang kuliah, kamu menemukan istilah yang belum kamu ketahui, catatlah! Setelah itu kamu bisa mencarinya di google.

5. Berdiskusi dengan teman

Sempatkan untuk membicarakan hal-hal yang berbau ilmu pengetahuan jika sedang hang out dengan teman-temanmu. Saat ini kebanyakan ketika kita sedang berkumpul dengan teman, yang kita lakukan hanya bermain gadget, tanpa ada obrolan yang bermanfaat. Alangkah lebih baiknya kamu rubah kebiasaan seperti itu dan mulai berdiskusi dengan teman. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *