Foto: dietdoctor.com. Foto hanya ilustrasi

Makanan-makanan Ini Sangat Disukai Nabi

INSPIRADATA. Ternyata Rasulullah selalu memakan buah kurma dalam jumlah ganjil. Dan inilah makanan yang disukai Rasulullah, yakni kurma. Rasulullah tidak pernah mengumpulkan kurma dengan bijinya dalam satu piring atau di telapak tangannya.

Akan tetapi, Rasulullah menjatuhkan biji-biji tersebut dari mulutnya ke telapak tangannya. Terkadang Rasulullah akan melemparkan biji-biji itu ke tanah dengan dua jarinya.

Abdullah bin Bisyr berkata, “Rasulullah Saw pernah singgah di rumah ayahku. Saat itu, kami menghidangkan makanan dan satu wathbah. Maka, beliau pun memakannya. Kemudian ketika didatangkan buah kurma, beliau pun memakannya, lalu Rasulullah meletakkan biji kurma di antara kedua jarinya, yaitu jari telunjuk dan jari tengah,” (HR. Muslim).

Syaikh Nawawi menjelaskan wathbah adalah hais, yaitu makanan yang dibuat dari kurma, susu kental, dan minyak samin.

Hais adalah makanan yang disukai oleh Rasulullah Saw. Cara membuat hais ini adalah dengan memanaskan minyak samin, lalu buah kurma dimasukkan ke dalamnya. Kurma dan minyak samin itu diaduk-aduk hingga keduanya tercampur menjadi satu. Setelah itu, masukkan susu ke dalamnya hingga bercampur ddengan kurma dan minyak samin. Hais mengandung sejumlah zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, vitamin, mineral, karbohidrat, minyak, dan serat.

Aisyah meriwayatkan, “Aku pernah berkata, ‘Wahai Rasulullah, kami telah diberi hadiah.’ Rasulullah menjawab, ‘Hadiah apa itu’ Aku berkata, ‘Hais’. Rasulullah Saw bersabda, ‘Sejak pagi aku berpuasa’ Aku mengulanginya lagi, ‘Kemudian Rasulullah pun memakannya.” []

Referensi: Inilah Makanan Rasulullah SAW/Karya: Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid/Penerbit: Group Mahfirah Pustaka


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

One comment

  1. JAMIE JEFFRIES POLUAN-TIAAR

    TIDAK MENGHERANKAN KALAU NABI MENINGGALNYA TERMSUK MASIH ” MUDA “, SEBAB KURMA BANYAK MENGANDUNG GULA , PENYEBAB UTAMA DARI PENYAKIT DIABETIC / PENYAKIT GULA. DISAMPING ITU MENURUT CERITA ANAK-@ DARI NABI BANYAK YG MENINGGAL MASIH SANGAT DIBAWAH UMUR. SAYA DUGA HAL INI DISEBABKAN MAKANAN YG KURANG BERGIZI DAN JUGA KARENA KEHIDUPAN YG KURANG HIGIENIS. ISTRI_2 NYA JUGA YG DIPERKIRAKAN ADA 40 ( EMPAT PULUH ) LEBIH BANYAK MATI MASIH MUDA !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *