Permen Karet Tertelan, Apa yang Terjadi pada Tubuh?
Foto: Science Buzz

Nelen Permen Karet? Wah, Perhatikan 3 Hal Ini

Foto: Science Buzz
Foto: Science Buzz

INSPIRADATA. Sebagaimana jika menelan koin kecil, ketika kita menelan permen karet, maka usus akan membuangnya bersama tinja.

Usus mempunyai gerakan peristaltik (semacam kombinasi gerakan melingkar dan membujur untuk menggerakkan makanan menuju jalur akhirnya ke anus).

Dengan gerakan peristaltik ini, koin atau permen karet yang tertelan bisa dibuang melalui anus bersama tinja. Akan tetapi kita tetap berhati-hati dan berjaga-jaga jika ada permen karet yang tertelan.

Yang menjadi masalah adalah jika permen karet ditelan dalam jumlah besar atau yang menelannya adalah anak kecil. Ini bisa meyumbat saluran pernapasan dan bisa membuat obstruksi atau hambatan di saluran pencernaan. Hal ini bisa menimbulkan bahaya.

Apa yang kita lakukan jika permen karet tertelan:

1. Memastikan bahwa permen karet tidak menyumbat saluran pernapasan dan kerongkongan. Jika menyumbat segera keluarkan apabila bendanya mudah dijangkau tangan, jika tidak segera bawa ke UGD.

2. Jika tidak menyumbat, banyak-banyak minum air putih.

3. Jika perlu, bisa memakan atau meminum obat yang bisa mempercepat gerakan peristaltik usus sehingga permen karet bisa terbuang dengan cepat melalui anus bersama dengan tinja.[]


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *