Unik, Informatif , Inspiratif

6 Bahaya Mengintai Akibat Ikutan Kuis-kuis Lucu di Facebook

0

Saat bosan melanda, biasanya kita ikut bermain kuis di facebook yang hasilnya lucu-lucu. Seperti kuis yang bisa mengetahui mirip dengan artis siapa wajah kita, atau kuis yang memprediksi kapan kita akan menikah. Hal ini tentu akan sedikit menghibur kita dari riuhnya berita atau status orang tentang politik yang membuat kita penat.

Namun dari keseruan bermain kuis tersebut, kamu sebenarnya sedang berada dalam ancaman kejahatan siber, karena tidak semua situs penyedia kuis lucu itu menjamin keamanan data yang kamu punya. Mereka mungkin telah melanggar segala hak privasimu, dan ini tidak disadari.

Di Indonesia, situs yang diketahui sering menyediakan kuis-kuis itu antara lain Testony.com, NameTests.com, Pengintip.us. Ada juga yang bermodus tes IQ, yaitu Test-IQ.com dan IQ-Test-Results.com. Lalu ada juga yang mengecek kepribadian seperti CheckMyPersonality.com.

Agar kita lebih waspada, mari ketahui sejumlah ancaman siber yang mengintaimu jika ikut kuis lucu-lucu yang dikutip dari Kumparan.com:

1. Memberi Data Pribadi ke Pihak yang Tak Dikenal

Ketika ikutan kuis di situs web semacam itu, kamu akan diminta untuk melakukan login dengan akun Facebook. Pada tahap ini, situs CheckMyPersonality.com ternyata meminta wewenang untuk menggali semua jenis informasi tentang penggunanya yang mendaftar. Situs seperti IQ-Test-Results.com, ternyata meminta biaya bulanan yang berulang untuk pengguna terdaftar.

Jika ingin bermain, ada baiknya kamu selalu membaca syarat dan ketentuan serta hak privasi jika melakukan pendaftaran akun online. Ada beberapa situs yang selalu berusaha menggali data pribadi pengguna yang secara sukarela menyetujuinya.

BACA JUGA: Fitur Baru Facebook Lite untuk Bantu Korban Bencana

2. Ancaman Membagikan Data Kartu Kredit

Di balik itu semua ada ancaman kamu mendarat di sebuah situs web tak dikenal yang, bisa saja melakukan pengelabuan untuk mengambil data pribadi Facebook sampai dengan nomor kartu kredit. BBB menemukan beberapa situs tes IQ mengandung program jahat yang dapat merusak komputer.

Situs teknologi CIO.com, yang biasa menjadi tempat diskusi para bos teknologi informasi perusahaan, mencatat bahwa situs penyedia kuis uji kepribadian CheckMyPersonality.com, ternyata meminta persetujuan dari pengguna untuk “memverifikasi akun kartu kredit Anda yang valid.”

3. Data Pribadi Kamu Bisa Diperjual-belikan

Bagi seorang marketer atau pemasar, data pribadi orang di Facebook sangatlah berharga.
Ada dugaan kuat bahwa ada pihak yang kemudian mengumpulkan data pribadi pengguna Facebook untuk kebutuhan strategi pemasaran atau untuk mengambil keputusan bisnis. Lihat saja langkah yang dilakukan situs penyedia kuis lucu itu yang selalu meminta kamu untuk membocorkan segala macam rincian tentang diri kamu. Informasi digital ini adalah berlian bagi para pengiklan di dunia online.

4. Pengelola Situs Penyedia Kuis Tidak Jelas Identitasnya

Apakah kamu mengetahui siapa pengelola di balik situs kuis-kuis lucu itu? Tiada yang tahu pasti siapa pengelolanya, siapa CEO-nya, dan siapa pihak yang bisa dihubungi jika kamu ingin mengajukan keluhan.

Berhentilah memakai jasa dari layanan teknologi atau situs web yang tak jelas asal-usulnya.

BACA JUGA: Lagi, Facebook Diblokir di Negara Ini

5. Ancaman Pengelabuan dan Penipuan

Organisasi nirlaba Better Business Bureau (BBB) yang fokus memajukan kepercayaan pasar pada sektor bisnis, telah memperingatkan konsumen agar berhati-hati dengan kuis bermodus tes kecerdasan (IQ). BBB berkata kuis dan konten seperti ini dirancang untuk membuat konsumen mengklik tautan atau memberikan informasi pribadi.

Pilihan paling aman adalah menghindari untuk mengkliknya, dan menjaga agar pengaturan privasi tetap ketat, dan jangan mendaftarkan apapun ke sebuah situs web yang tidak jelas pengelola dan tujuannya.

Pakar anti-virus Alfons Tanujaya dari perusahaan Vaksincom, juga mengatakan hal serupa. Dia mewanti-wanti pengguna yang ikut kuis lucu di Facebook berisiko diarahkan ke web iklan adware atau phishing karena pembuatnya mencari makan dari pendapatan iklan.

6. Kamu Mengundang Korban Berikutnya Jika Ikut Tantangan Kuis Lucu

Di linimasa Facebook, kuis-kuis lucu itu akan memasang judul dan deskripsi konten yang begitu menggoda dan mengundang klik.

Jika kamu ikut tantangan dari sebuah kuis lucu ini, maka kamu telah mempublikasi konten di linimasa yang bisa dilihat oleh teman dan keluarga di Facebook. Tanpa kamu sadari, di sini kamu telah mengundang korban berikutnya yang siap diambil data-data pribadinya oleh si pemilik situs web yang tak jelas itu.

Yang tak kalah penting untuk kamu pikirkan adalah faedah dari ikutan kuis tersebut. Sebaiknya kamu jangan cuma tergiur dengan kelucuan dan keseruan palsu yang ditawarkan, karena kalau dipikir-pikir, tidak ada gunanya kamu ikut tes IQ yang pertanyaan dan jawabannya mungkin dibikin secara asal. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.