Unik, Informatif , Inspiratif

6 Bakso Unik Ini Bikin Kamu Gagal Diet

0

Tidak hanya sate dan nasi goreng saja yang terkenal sebagai makanan khas Indonesia. Ada satu makanan yang Indonesia banget, digilai mulai dari kalangan bawah hingga atas sekalipun, dan rasanya itu dijamin selalu pecahhhhh… Yap, makanan itu adalah Bakso, si bundar yang mampu menggoda mata dan perut siapapun.

Bukan orang Indonesia juga kalau nggak kreatif, bakso yang normalnya disajikan dengan mie dan kuah pun kini mengalami inovasi sampai tecipta bakso-bakso unik yang cuma bisa kamu temui di Indonesia. Apa aja sih macam-macam baksonya? Dikutip dari klikhotel.com berikut macam-macam bakso unik yang ada di Indonesia.

1. Bakso Penyet

bakso, 6 Bakso Unik Ini Bikin Kamu Gagal Diet
sportourism.id

Bakso penyet? Bingung juga sih kan biasanya adanya juga ayam penyet, iga bakar penyet kan. Nah, gak usah bingung karena bakso penyet ini penyajiannya 100% mirip dengan per-penyetan lainnya hanya saja ayam dan iganya di ganti dengan bakso yang sudah digoreng. Sambal dan lalapan sih pasti ada dong.

Penyetan ini berasal dari kawasan Surabaya. Berkat tangan jahil dan kreatif, bakso yang awalnya hanya dimakan secara normal diubah secara total. Saat ini bakso bisa dibuat pengganti tempe atau ayam untuk bahan penyetan. Anda bisa menyantap gurihnya bakso goreng yang bisa dimakan menggunakan sambal dan nasi putih hangat.

2. Bakso Aci Khas Garut

bakso, 6 Bakso Unik Ini Bikin Kamu Gagal Diet
Bukalapak

Kalau bakso di berbagai daerah di Indonesia menggunakan daging sapi atau ayam sebagai bahan bakunya, di Garut aci atau pati yang dijadikan bahan. Meski tanpa embel-embel daging, bakso yang satu ini tetap nikmat dan menjadi buruan banyak orang. Rasanya yang gurih serta kuahnya yang nikmat akan membuat Anda tidak bosan menyantapnya terus menerus.

Yang menjadikan bakso pati ini sangat laris adalah kaldu ayam yang digunakan. Adonan dicampur dengan bahan itu sehingga rasanya tidak tawar. Selanjutnya racikan bumbu pada kuah juga menjadi nilai tambah apakah bakso unik di Indonesia ini menjadi hambar atau semakin nikmat dan membuat siapa saja ketagihan.

3. Bakso Bakar Malang

bakso, 6 Bakso Unik Ini Bikin Kamu Gagal Diet
Putrinyanormal

Malang adalah surganya bakso yang terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Kalau Anda datang ke Malang cobalah aneka olahan bakso mulai yang standar hingga bakso bakar yang memiliki citarasa menggoda iman. Bakso akan ditusuk menjadi mirip sate lalu dibakar dengan bumbu kecap dan bawang serta sambal yang rasanya sangat nendang.

Ada cukup banyak kedai di Malang yang menyediakan olahan bakso bakar. Namun, kalau kamu ingin yang melegenda dan autentik bisa datang ke kedai yang berdiri di dekat SMPN 2 Malang dan juga di Jalan Pahlawan Trip tidak jauh dari Jalan Besar Ijen yang menjadi ikon dari Kota Bunga ini.

4. Bakso Kerikil Khas Yogyakarta

bakso, 6 Bakso Unik Ini Bikin Kamu Gagal Diet
Primera Transport

Berkebalikan dari bakso raksasa yang ada di Bandung pada poin sebelumnya, bakso kerikil ukurannya sangat kecil. Adonannya tetap sama seperti bakso kebanyakan, hanya saja dibuat kecil sehingga julukan kerikil langsung diberikan dan menjadi viral di berbagai media sosial dan ditiru oleh banyak orang di berbagai daerah.

Awalnya bakso kerikil dibuat di Yogyakarta, sedikit berbeda dengan cilok yang sedikit memakai daging, bakso ini hanya versi mungil dari bakso standar. Dengan ukuran kecil, Anda bisa menikmatinya dalam sekali hap saja. Satu sendok bisa berisi 3-5 bakso kecil yang rasanya tetap nikmat dan membuat siapa saja ketagihan.

5. Bakso Raksasa

bakso, 6 Bakso Unik Ini Bikin Kamu Gagal Diet
Vebma.com

Makan bakso ukuran kecil mungkin sekali hap atau 2-3 gigit langsung habis. Lalu bagaimana dengan bakso yang memiliki berat hingga 2 kilogram? Mampu menghabiskannya? Jawabannya ada di kedai yang terletak di Jalan Sukawarna, Cicendo, Kota Bandung. Sejak menyajikan bakso dengan ukuran 2 kilogram, belum ada yang mampu menghabiskannya.

Puluhan orang sudah datang dari berbagai pelosok di Indonesia. Namun, belum ada yang mampu menghabiskannya seorang diri. Bahkan, dimakan 4 orang saja masih sisa banyak. Kalau Anda ingin mencoba bakso raksasa ini silakan menyiapkan uang sebesar Rp150.000 atau kalau Anda tidak punya nyali bisa mencoba yang ukurannya sebesar genggaman tangan dengan tarif Rp25.000 saja.

6. Bakso Beranak

bakso, 6 Bakso Unik Ini Bikin Kamu Gagal Diet
Travelingyuk.com

Inovasi di dunia bakso tidak berganti di sini saja. Setelah bakso dengan berbagai ukuran dan isian yang bermacam-macam, kini hadir bakso beranak. Maksud dari bakso beranak adalah bakso yang ada di dalam bakso. Begitu membelah bakso ukuran besar, Anda bisa mendapatkan bakso ukuran kecil atau isian lain seperti tahu atau siomay.

Dewasa ini, fenomena bakso beranak sedang menjadi tren di sosial media. Bahkan, beberapa kedai atau rumah makan langsung menirunya dan menjadikan menu ini untuk menarik pengunjung yang datang. Oh ya, untuk mendapatkan bakso beranak, Anda bisa mencarinya di kota besar seperti Surabaya, Jakarta, atau Yogyakarta. []

 

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.