Unik, Informatif , Inspiratif

6 Cara Membuat Layar Smartphone Tetap Awet

0 36

Pada masa ini, hampir tidak ada orang di usia produktif yang tidak memiliki smartphone. Smartphone kini telah dibekali dengan layar sentuh, dan membuat layar menjadi komponen yang paling sering bersentuhan langsung dengan jari.

BACA JUGA: 7 Bahaya Memainkan Handphone saat Dicas

Tak jarang, noda dan goresan ditemukan di layar smartphone kita. Karenanya, layar smartphone perlu perhatian khusus untuk dirawat. Perawatan ini perlu dilakukan, bahkan pada layar smartphone yang telah memiliki lapisan Gorilla Glass atau Dragontrail.

Agar performa layar smartphone Anda tidak menurun, setidaknya ada 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya, berikut di antaranya:

BACA JUGA: Awas, Jangan Simpan Handphone Dekat-dekat saat Tidur?

1. Bersihkan Layar dengan Kain Lembut

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan layar dengan kain yang lembut. Anda bisa menggunakan kain lembut seperti kain microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Penggunaan kain kasar dan tisu akan membuat layar smartphone tergores.

2. Gunakan Gel Alkohol

Gel Alkohol seperti Hand Sanitizer dapat sangat membantu saat Anda membersihkan layar smartphone. Bersihkan layar bagian tengah terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian tepi.

BACA JUGA: Ini Cara Mengisi Baterai Handphone di Motor yang Benar

3. Gunakan Screen Protector

Walaupun smartphone Anda telah dilengkapI dengan Gorilla Glass, tapi layar smartphone masih bisa tergores ketika disimpan di saku atau tas, apalagi jika Anda sering menyimpannya dengan sembarangan. Screen protector dapat melindungi layar smartphone agar tidak langsung tergores.

4. Gunakan Aksesoris Tambahan

Aksesoris tambahan seperti flip cover, selain dapat melindungi layar smartphone saat disimpan di saku atau tas, juga akan melindungi dari debu, serta menjaga agar permukaan bodi smartphone tetap aman dari goresan.

5. Jauhkan dari Paparan Medan Magnet

Medan magnet kuat yang dihasilkan dari televisi atau kulkas akan memberikan gangguan pada layar smartphone. Jika terlalu sering terkena paparan medan magnet kuat dari perangkat elektronik di sekitar Anda, lama kelamaan gambar yang dihasilkan pada layar smartphone akan rusak. Gejala biasanya adalah gambar berubah menjadi bengkok dan tidak presisi, bahkan menjadi garis-garis yang mengganggu. Tapi jangan khawatir, paparan dari magnet yang ada pada flip cover dijamin aman untuk layar smartphone.

BACA JUGA: Keren, Kini Nomor Handphone Tak Dikenal Bisa Dilacak dengan Aplikasi Ini

6. Hindari Paparan Terik Matahari Langsung

Beberapa vendor membekali smartphone mereka dengan layar yang bisa nyaman untuk digunakan di bawah sinar matahari langsung. Namun, tahukah Anda bahwa paparan sinar matahari terik yang berlangsung lama bisa mengakibatkan panel layar smartphone mudah rusak? Panel layar smartphone bisa menjadi lunak dan terkelupas, sehingga membuat respon sentuhan di layar menjadi berkurang. Karena itu, sebaiknya hindari berlama-lama menggunakan smartphone di bawah paparan terik sinar matahari langsung, seperti di pantai. []

SUMBER: JALANTIKUS

 

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline