Unik, Informatif , Inspiratif

6 Dampak Buruk Pengguna WIFI Gratis

0

Hampir semua orang saat ini membutuhkan akses internet untuk membantu memenuhi kebutuhan dan aktivitasnya.

Oleh karena itu, banyak tempat publik yang sudah dilengkapi akses Wireless Fidelity atau Wi-Fi. Baik yang bisa diakses bebas maupun pakai sandi.

Karena tergiur fasilitas tanpa biaya, banyak pengguna internet yang mencari akses Wi-Fi gratis. Padahal, kebiasaan ini ternyata menyimpan bahaya.

Berikut ini enam kondisi yang tidak disadari mengintai para pengguna Wi-Fi gratis sebagaimana dikutip dari brilio.net.

1. Adanya snooper atau mata-mata

Koneksi Wi-Fi yang tersambung dengan smartphone bisaa mempermudah orang untuk memantau gerak-gerikmu. Lewat virus yang menyerang secara perlahan, mereka bisa mengetahui apa saja kegiatanmu.

2. Data rentan dicuri hacker

Salah satu kondisi yang tidak disadari saat mengakses internet dengan Wi-Fi adalah data pengguna rentan dicuri oleh peretas. Proses pencurian terjadi saat menghubungkan smartphone atau laptop dengan Wi-Fi. Hacker mampu mencari celah lewat koneksi yang terhubung dengan Wi-Fi.

BACA JUGA: Awas, Ini Bahayanya Jika WIFI Ponsel Tetap Menyala saat Tidur

3. Device mudah terinfeksi virus

Selain rentan dicuri, bahaya lain yang mengintai adalah device mudah terinfeksi virus seperti Malware. Virus tersebut begitu berbahaya karena berpotensi memberikan akses bagi orang lain untuk mencuri file pentingmu. Bukan cuma itu, suara dan gerak-gerikmu juga bisa terpantau begitu saja lewat virus Malware.

4. Iklan pop-up yang mengganggu

Saat menikmati layanan Wi-Fi gratis, kamu akan mendapati layarmu penuh dengan iklan. Kamu akan dibanjiri iklan-iklan pop-up yang muncul saat mengakses internet. Secara tidak langsung hal tersebut mengganggu kenyamanan dalam mengakses.

5. Pembajakan akun media sosial atau email

Bukan hanya temen yang suka jahil membajak akun media sosial, orang tak dikenal pun bisa dengan mudah membajak akunmu. Oknum tersebut bahkan bisa memanfaatkan datamu untuk hal-hal tak bertanggung jawab seperti menipu orang, mengambil uang dari akun online digitalmu, dan tindakan lainnya.

BACA JUGA: Heboh, Seluruh WiFi di Dunia Ternyata Bisa Di-hack?

6. Pengalihan ke situs palsu

Saat menggunakan fasilitas Wi-Fi gratis biasanya pengguna akan sering diarahkan secara langsung ke situs lain. Laman situs tersebut merupakan jebakan di mana justru mengantarkanmu pada virus. Tanpa disadari, situs tersebut mampu mencuri data dan informasimu hingga merusak device.

Nah, serem kan? Makanya, kamu pengguna smartphone kudu lebih cermat lagi. Selain itu, kamu juga lebih baik gunakan smartphone yang punya fitur keamanan canggih. Kamu bisa temukan fitur-fitur keamanan canggih itu di Advan A8. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.