Unik, Informatif , Inspiratif

6 Fakta Pulau di Indonesia

0

Indonesia merupakan negara yang dikaruniai kekayaan alam yang melimpah. Negara dengan warna bendera merah putih ini memiliki lebih dari 17.000 pulau yang sudah didaftarkan ke PBB, dan ada sekitar 6000 lainya tidak berpenghuni menyebar di sekitar khatulistiwa.

Jika kita coba membahasnya satu persatu, mungkin tidak ada habisnya, karena setiap pulau memiliki ciri khas dan keindahanya masing-masing.

Selain beragam, kepulauan di Indonesia juga menyimpan sejumlah fakta menarik. Penasaran apa saja? Berikut sejumlah fakta menarik tentang pulau-pulau di Indonesia.

1. Seluruh provinsi di Indonesia memiliki pulau

Ada 34 provinsi di Indonesia, seluruhnya memiliki pulau. Sebagai contoh Aceh, memiliki 600 pulau, Bengkulu memiliki sekitar 40 pulau, dan Maluku memiliki lebih dari 1400 pulau.

BACA JUGA: Unik, Pulau Ini Berbentuk Mirip Sidik Jari Manusia

2. Kepulauan seribu tidak berjumlah seribu pulau

Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, tepatnya di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Tahukah kamu, ternyata jumlah pulaunya tidak sampai seribu, “ hanya” ada 218 pulau.

3. Provinsi dengan pulau terbanyak

Provinsi yang memiliki pulau terbanyak adalah Kepulauan Riau. Provinsi ini memiliki 2.408 pulau, disusul Provinsi Papua Barat dengan 1.917 pulau, Maluku Utara dengan 1.525 pulau, Maluku dengan 1.399, disusul Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan 1.192 pulau.

4. Provinsi dengan pulau paling sedikit

Sebaliknya, Jambi merupakan provinsi yang memiliki pulau paling sedikit. Provinsi ini hanya punya 19 pulau, disusul Provinsi DI Yogyakarta dengan 23 pulau, Kalimantan Tengah dengan 32 pulau, Bengkulu dengan 47 pulau, dan Sumatera Selatan dengan 53 pulau.

BACA JUGA: Thilafushi, Pulau yang Penuh dengan Sampah Hasil Reklamasi

5. Indonesia memiliki gugus pulau kecil terluar

Provinsi yang memiliki pulau-pulau kecil terluar paling banyak adalah Provinsi Kepulauan Riau. Di provinsi ini ada 20 pulau kecil terluar. Tetapi dari jumlah itu, ternyata hanya Pulau Subi Kecil di Kabupaten Natuna yang memiliki penghuni, 19 pulau lainnya adalah pulau kosong.

6. Terumbu karang terluas

Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga memiliki banyak lokasi terumbu karang. Jumlah terumbu karang di perairan Indonesia ada 1.133 lokasi. Sebanyak 504 lokasi terdapat di wailayah Indaonesia bagian barat, 308 lokasi di tengah, dan 321 lokasi di timur.

Lokasi terumbu karang yang cukup terkenal, antara lain di Pulau Bintan (Riau), Kepulauan Seribu (Jakarta), Karimun Jawa (Jawa Tengah), Pulau Derawan (Kalimantan Timur), Pualu Komodo (Flores), Nusa Penida (Bali), Selat Lembeh (Sulawesi Utara), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Bunaken (Sulawesi Utara), dan lainnya.

Sumber: Goodnewsfromindonesia


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.