Foto: FutureLearn

6 Fakta Unik dan Menarik Sepakbola Sepanjang Sejarah

sepakbola
sepakbola (Foto: FutureLearn)

INSPIRADATA. Sepakbola sebagai olahraga paling digemari di dunia, memiliki segudang peristiwa dan catatan-catatan penting sampai kontroversial dari semua yang ada dalam olahraga.

Ada enam fakta unik dan menarik dari olahraga sepakbola ini, mari simak ulasannya:

1. Skor Pertandingan Terbanyak Sepanjang Sejarah

Pertandingan antara AS Adema melawan SO I’Emyrne tercatat sebagai laga dengan skor tertinggi. Pertandingan pada 31 Oktober 2002, dalam Kejuaraan Nasional Madagaskar ini berakhir dengan skor 149-0 bagi AS Adema.

Skor ini memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Arbroath, yang mengalahkan Bon Accord 36-0 dalam Piala Skotlandia.

Gambar terkait

2. Kartu Merah Tercepat

Rekor kartu merah tercepat dipegang oleh Lee Tod. Pemain Cross Farm Park Celtic ini mendapat kartu merah 2 detik setelah pertandingan baru saja dimulai pada Oktober 2000.

Wasit yang memimpin pertandingan Peter Kearle merogoh kartu merah setelah mendengar Lee Tod mengomentari suara peluit dengan berguman, „F*** me – that was loud!“

Hasil gambar untuk red card

3. Pemain Profesional Termuda

Saat baru berusia 20 bulan, Bryce Brites, mencetak sejarah sepak bola. Pada November 2013, klub sepak bola Belgia FC Racing Boxber menyatakan telah menyepakti kontrak dengan Bryce. Ini menjadikannya sebagai pemain professional termuda dalam sejarah.

Hasil gambar untuk bryce brites

4. Siaran Live Pertama

Pertandingan antara tim Arsenal utama dan Arsenal 2 pada 16 September 1937 menjadi pertandingan sepak bola pertama yang disiarkan secara langsung di televisi.

Sementara pertandingan antara Inggris melawan Skotlandia, pada 9 April 1938, menjadi pertandingan internasional pertama yang dapat disaksikan secara langsung di televisi.

Hasil gambar untuk 16 september 1937

5. Agama Baru

Iglesia Maradoniana adalah satu “agama” yang diciptakan oleh para fans legenda sepak bola Argentina Diego Maradona. Agama ini lahir pada 30 Oktober 1998, pada hari ulang tahun Maradona ke-38, di Rosario, Argentina.

Iglesia Maradoniana bisa dianggap sebagai sinkretis atau agama, tergantung bagaiman orang mendefinisikan agama. Demikian dikatakan Alejandro Verón, salah seorang pendiri agama ini.

Hasil gambar untuk iglesia maradoniana

6. FIFA Lebih Besar dari PBB

Dari jumlah anggotanya, Federasi Sepak Bola Internasional FIFA tercatat lebih besar dari Perserikatan Bangsa Bangsa. FIFA memiliki beranggotakan 209 negara, sementara PBB 193 negara. []

Hasil gambar untuk FIFA ORGANIZATION

Sumber: DW Indonesia


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Akankan Mou Sukses di Spurs?

Tujuannya jelas: mengarahkan klub kembali ke empat besar dalam jangka pendek dan, selama 18 bulan ke depan, mendapatkan beberapa trofi. Bisakah Mou?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *