agar dijauhkan dari api neraka
Foto ilustrasi: Pexels

6 Keburukan Neraka yang Tiada Bandingannya

Dari Anas bin Malik meriwayatkan, Malaikat Jibril datang kepada Rasulullah ﷺ pada waktu yang tidak biasa dengan raut muka yang berbeda dari biasanya. Rasulullah ﷺ bertanya, “Wahai Jibril, kenapa Aku melihat raut mukamu berbeda?”

Jibril menjawab, “Wahai Muhammad, aku datang kepadamu pada saat Allah memerintahkan supaya api neraka dinyalakan. Tidak pantas jika orang yang mengetahui bahwa-neraka, siksa kubur dan siksa Allah itu sangat dahsyat- untuk bersenang sebelum dirinya merasa aman dari ancaman itu.”

Rasulullah ﷺ menjawab, “Wahai Jibril, lukiskanlah keadaan dahsyatnya neraka itu kepadaku.”

Jibril berkata,  “Baik, ketika Allah menciptakan neraka, apinya dinyalakan seribu tahun hingga berwarna hitam pekat, nyala dan baranya tidak pernah padam.”

“Demi Dzat yang mengutus engkau kebenaran sebagai Nabi, seandainya neraka itu berlubang sebesar lubang jarum, niscaya segenap penghuni dunia akan terbakar karena panasnya.”

“Demi Dzat yg mengutus Engkau dengan kebenaran sebagai Nabi, seandainya ada baju penghuni neraka itu digantung diantara langit dan bumi, niscaya semua penghuni dunia akan mati karena bau busuk dan panasnya.”

“Demi Dzat yg mengutus Engkau kebenaran sebagai Nabi, seandainya sehasta dari mata rantai sebagaimana yang disebutkan didalam Al-Quran diletakkan di puncak gunung, niscaya bumi sampai kedalamnya akan meleleh.”

“Demi Dzat yang mengutus Engkau kebenaran sebagai Nabi, seandainya ada seorang berada di ujung barat dunia ini disiksa, niscaya orang yang berada di ujung timur akan terbakar karena panasnya.”

Itulah neraka, dahsyatnya neraka adalah keburukan yang tidak ada bandingannya. Dan kedahsyatan neraka tersebut telah Allah gambarkan melalui firman-Nya dalam Al-Quran. Diantaranya, kedahsyatan neraka tersebut adalah:

[bs_smart_list_pack_start][/bs_smart_list_pack_start]

1.Neraka Jahanam adalah yang paling buruk

Dan orang-orang yang kafir kepada Rabbnya, memperoleh azab Jahannam. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.” (QS. Al Mulk: 6).

2.Kulit mereka diganti dengan yang baru

“Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan adzab.” (An Nisa’ : 56).

3. Mereka diseret ke neraka di atas wajah mereka

“(Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka.” (Al Qomar : 48).

4. Minuman mereka seperti besi yang mendidih

“Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.” (Al Kahfi : 29).

5. Tubuh mereka membesar

“Gigi taring orang kafir besarnya seperti gunung uhud dan tebal kulit mereka seukuran tiga perjalanan.”(Shohihul Jaami‘).

6. Bara apinya membakar sampai ke hati

“(Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati.” (Al Humazah : 6-7). 

[bs_smart_list_pack_end][/bs_smart_list_pack_end]

Sebagai umat Islam yang wajib meyakini hari pembalasan, maka sudah sepatutnya jika kita takut terhadap siksa neraka yang teramat pedih. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *