Unik, Informatif , Inspiratif

6 Kesalahan Paling Umum dalam Mendidik Anak (2-Habis)

0

Penerapan kedisiplinan pada anak akan berpengaruh pada pembentukkan kepribadian si anak. Karenanya, banyak orang tua yang mendidik anak agar disiplin sejak dini.

Akan tetapi, tak jarang para orang tua menerapkan kedisiplinan dengan cara yang kurang tepat. Alih-alih menjadi disiplin, anak-anak malah tumbuh dengan didikan yang salah.

BACA JUGA: 6 Kesalahan Paling Umum dalam Mendidik Anak (1)

Karena itu, berikut kami paparkan kesalahan yang paling sering dilakukan orangtua dalam mendisiplinkan anak dan cara memperbaikinya.

4. Memarahi Anak Hanya Karena Merasa Terganggu

Anda memarahi anak-anak karena mereka berlarian di dalam rumah, membuat berantakan dan membuat kegaduhan. Padahal sebenarnya mereka hanya melakukan apa yang dilakukan oleh anak kecil pada umumnya.

Anda melarangnya bermain di halaman karena nanti ia akan menjadi kotor, padahal hal ini baik untuk kemampuan eksplorasinya akan hal-hal baru.

BACA JUGA: Perbedaan dalam Mendidik Anak Perempuan dan Laki-Laki

5. Hanya mengancam Anak Tanpa Ada Tindakan Apapun

Menghadapi anak yang sangat susah diatur kadang membuat kita mengeluarkan ancaman. Namun kebanyakan dari ancaman tersebut tidak terealisasikan meski anak tidak menuruti apa yang anda perintahkan. Dan hal inilah yang kadang membuat anak semakin menjadi-jadi, karena seolah-olah semua ancaman yang anda ucapkan hanyalah ancaman kosong belaka. Untuk mengajari anak-anak mengikuti aturan, anda harus memberitahukan konsekuensi yang jelas jika ia melanggarnya.

BACA JUGA: 5 Cara Mendidik Anak agar Mau Shalat Lima Waktu

6. Menganggap Semua Anak Sama

Padahal setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda, yang satu akan menjadi disiplin meski hanya menggunakan nasehat lembut. Sedangkan yang satunya malah lebih agresif dan memerlukan tindakan tegas agar ia dapat berubah menjadi anak yang disiplin.

Anda harus mencari tahu perilaku setiap anak dan menyesuaikan cara mendidiknya agar disiplin sesuai dengan kebutuhan dan cara belajarnya. Jangan pernah hanya menerapkan satu cara belajar disiplin, dan memaksa semua anak untuk mematuhinya. []

 

SUMBER: IDNTIMES


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline