6 Keuntungan ‘Singlelillah’ yang Sering Diabaikan

0

Kenapa sih sebagai muslim harus malu menjadi jomblo? Bukankah memang seharusnya muslim itu jomblo atau singlelillah sampai halal? Mungkin inilah kalimat tepat untuk seorang muslim yang tengah menunggu sampai ada ikatan halal antara dua insan.

Ternyata menjadi seorang muslim yang jomblo itu sangat banyak manfaatnya dan pastinya akan membuat kita bersyukur. Mana mungkin ajaran Al-Qur’an dan Hadits tidak membawa manfaat untuk kita? Berikut ini akan diulas beberapa hal yang bisa bikin kamu bersyukur jadi jomblo. Di antaranya:

Menjauhkan kita dari maksiat

Jomblo menjauhkan kita dari zina mata, zina tangan, zina hati, dan sebagainya. Jomblo membuat kita dapat mengendalikan hawa nafsu dan menjaga diri kita dari efek negatif serta menghindari pergaulan tanpa batas dengan kaum lelaki.

Mendekatkan kita dengan Allah

Pacaran membuat kita jauh dengan Allah SWT? Bagaimana tidak? Anak-anak muda yang sibuk pacaran sangat takut jika pacarnya marah, tetapi tidak takut membuat Allah SWT marah. Sedangkan jomblo membuat hubungan kita dengan Allah SWT semakin dekat dan akrab karena kita akan lebih khusyu’ ketika sedang beribadah kepada Allah SWT, tanpa adanya ganggungan memikirkan sang kekasih yang belum tentu akan menjadi halal untuk kita.

Mendekatkan kita dengan orang tua, keluarga, dan teman-teman

Anak-anak muda sangat perhatian bila pacarnya belum makan sementara ibunya sendiri tidak pernah ditanya sudah makan atau belum. Sangat khawatir jika pacarnya sakit, sementara ketika ayahnya sakit, dia tak peduli. Belum lagi jika pacarnya membatasi pertemanan dan melarang untuk berkumpul dengan teman-teman. Hal itu membuat kita semakin jauh dengan dengan teman-teman. Nah, sebagai jomblo kita harus bersyukur karena kita dapat menjalin hubungan erat dengan keluarga dan teman-teman tanpa dihalangi oleh pacar.

Membuat lebih fokus memperbiki diri dan mengukir prestasi

Predikat jomblo membuat otak dan hati kita bersih dari pikiran tidak penting serta virus-virus cinta tidak mutu. Sehingga akal kita dapat menghasilkan ide-ide cemerlang demi menggapai visi misi kehidupan dan hati kita dapat menghasilkan cahaya ketenangan, serta ketentraman dalam meraih impian sekaligus mengukir prestasi bermanfaat.

Membuat kita berhati-hati sebelum menjatuhkan hati

Para jomblo tidak pernah—meski ada beberapa— menjadi korban PHP, korban patah hati, korban friendzone, korban perselingkuhan pacaran, korban cinta segitiga, korban diputusin, dan korban jadi mantan karena mereka sangat berhati-hati sebelum menjatuhkan hati.

Mereka tidak sembarangan menanamkan benih-benih cinta hingga berserakan dimana-mana. Mereka tidak semudah itu memberi harapan kepada orang lain jika memang dia belum sanggup menepatinya, dan mereka juga tidak semudah itu berharap kepada orang lain yang belum tentu menjadi halal untuknya.

Membuat kita berhati-hati ketika memilih pasangan hidup

Kita dapat berhati-hati memilih jodoh yang baik sesuai kriteria menurut Al-Qur’an. Bayangkan, jika kita sudah terlanjur cinta dan menjalin hubungan pacaran selama beberapa tahun dengan orang yang ternyata tidak sesuai dengan kriteria menurut Allah? Dan perlu diingat bahwa memilih jodoh sekadar menuruti hawa nafsu itu akan membuat kita menyesal, karena akan menyebabkan banyak kemudharatan untuk kehidupan kita. []

Sumber: Annida-Online

Kamu Sedang Offline