tampil sederhana
Foto: Time Magazine

6 Presiden Ini Katanya Selalu Tampil Sederhana, Benarkah?

Meski menjabat sebagai pemimpin negara, beberapa orang tersebut tetap tampil sederhana.

Seperti Halimah Yacob, yang akan resmi menjabat Presiden Singapura pada Kamis (14/04/17). Sebuah pernyataan menarik dikeluarkan Halimah. Dia tak akan tinggal di rumah dinas saat sudah menjadi presiden, melainkan tetap tinggal di rumah susun di Yishun.

“Saya tetap tinggal di Yishun,” ujar Halimah Rabu (13/09/17).

Tak hanya Halimah saja, ada sejumlah pemimpin negara yang juga mempunyai sifat sederhana. Berikut 6 pemimpin dunia yang hidup sederhana.

1. Mahmoud Ahmadinejad, Presiden ke Enam Iran
Sosok Presiden keenam Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menjadi penyelamat kategori pemimpin negara di jazirah Arab, yang hidup sederhana.

Dua tahun menjabat, dia masuk 10 besar Wali Kota terbaik di dunia. Saat menjabat wali kota, aksi menyapu jalanan hingga menumpangi mobil Peugeot 504 keluaran 1976 berwarna putih, menjadi sorotan.

Pada tahun 2005 lalu Mahmoud Ahmadinejad, terpilih menjadi presiden keenam Iran, dia dikabarkan tetap tinggal di rumah pribadinya di Tehran.

2. Jose Mujica, Presiden ke-40 Uruguay
Jose Mujica, merupakan mantan gerilyawan yang bergerak di dunia politik. Saat terpilih menjadi presiden Uruguay yang ke-40 pada 2010 lalu, dia memotong gaji presiden yang dia terima.

Saat itu dia hanya digaji US$1.250, setara Rp16,5 juta, perbulan. Sisa gajinya, sebesar US$10.750, setara Rp142 juta, dia sumbangkan ke warga miskin.

Pada 2010 lalu kekayaan Presiden Mujica, senilai US$1.800, setara Rp23 juta, nilai dari sebuah mobil Volkswagen Beetle tahun 1987 miliknya.

Di tahun 2015 lalu, dia menambahkan aset yang diatasnamakan istrinya berupa lahan, traktor dan sebuah rumah senilainya US$215.000, Rp2,8 miliar.

Presiden ke-40 Uruguay, Jose Mujica, dianggap sebagai ‘presiden termiskin di dunia’

3. Fernando Lugo, Presiden Paraguay
Sebagai pemuka agama, gerakan Fernando Lugo terbilang berani. Selain aktif di kegiatan kerohanian, lulusan seminari ini juga aktif membantu petani mendapatkan kembali tanah yang mereka rampas.

Politisi Budiman Sudjatmiko, yang pernah bertamu ke rumahnya pada 2008 lalu, mengatakan, dia menggambarkan rumah Lugo hanya terdiri dari satu set TV lama ukuran 17 inchi yang terletak di samping meja makan yang menyatu dengan ruang tamu bersofa lapuk. ” Kamarnya pun hanya berisi tempat tidur dengan satu meja baca sederhana,” Kata Budiman.

Saat disambut di rumahnya Asuncion, Paraguay, Budiman, menyaksikan sajian sederhana yang disuguhkan kepadanya. ” Sepiring singkong rebus dan sepotong ikan bakar terhidang di meja.” Tambah Budiman.

Lugo disebut-sebut juga tak mau menerima gajinya Rp37 juta perbulan.

4. Evo Morales, Presiden Bolivia
Sejak kecil, Evo Morales sudah merasakan hidup miskin. Dalam sebuah aksi demonstrasi, dia hadir sebagai orator yang mampu menggerakan massa.

Dia kerap menyuarakan pemahamannya anti-Amerika Serikat. Di akhirnya dilantik sebagai presiden Uruguay pada 21 Desember 2005 lalu.

Ketika Peru dilanda gempa bumi, pada tahun 2007 lalu, Evo juga mendonasikan separuh gajinya untuk korban gempa. Begitu pula ketika terjadi gempa di Haiti dan Chile, Evo juga memotong separuh gajinya dan gaji Wakil Presiden untuk disumbangkan ke rakyat Chile dan Haiti.

Selama menjadi Presiden, penampilan Evo tidak berubah. Dia lebih sering memakai pakaian sederhana, seperti jaket kulit atau sweater biasa. Dia juga tidak meninggalkan kebiasan kaum pribumi mengunyah daun koka.

5. Joyce Banda, Presiden Malawi
Presiden wanita pertama Malawi, Joyce Banda, menjual jet presiden dan 60 mobil Limusin Mercedes. Laporan APlus menyebutkan, Joyce, sengaja menjual aset negara itu untuk penghematan keuangan negara.dia juga tidak keberatan terbang dengan pesawat komersial.

” Saya sudah terbiasa menumpang,” kata Joyce , sambil bercanda.

Uang yang diperoleh dari penjualan pesawat tersebut untuk memberi makan lebih dari 1 juta warga Malawai.

6. Fidel Castro, Presiden Kuba
Fidel Castro, kerap diserang negara barat mengenai kepemilikan hartanya yang melimpah. Dia disebut-sebut punya simpanan uang sebesar US$900 juta di luar Kuba.

Tetapi kenyataannya, informasi itu tak terbukti. Dia bahkan hanya digaji 900 peso Kuba atau US$36, setara Rp476 ribu perbulannya.

Salah satu kisah menyentuh yang dikenang publik ialah saat dia membuka pintu kantor presidennya untuk tempat tinggal korban bencana banjir di Kuba.

Fidel Castro, merupkan tokoh besar dalam revolusi Kuba 1959 lalu. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *