Unik, Informatif , Inspiratif

6 Tips Bantu Kurangi Emosi Jelang Menstruasi

0

Haid atau menstruasi selalu terjadi setiap bulannya. Saat menjelang menstruasi wanita akan mengalami perubahan baik secara fisik maupun emosional, atau disebut fluktuasi hormonal. Sindrom pramentruasi yang dikenal dengan istilah PMS ini terjadi di antara ovulasi dan menstruasi yang memicu perubahan suasana hati.

Untuk gejala pada perubahan fisik, saat menjelang haid, dapat dilihat dari kelembutan payudara, perut kembung, kelelahan, nyeri di bagian belakang dan bawah perut. Nah, dilansir dari laman Boldsky, berikut ada enam hal yang dapat dilakukan menjelang menstruasi agar dapat meminimalisir emosi, di antaranya:

Selalu catat jadwal menstruasi

Catatlah tanggal ketika awal menstruasi. Ini akan membantu Anda mengetahui dan menyiapkan gejala saat PMS datang.

Olahraga

Menjelang tanggal PMS, Anda disarankan untuk berolahraga. Tentu hal ini agar meningkatkan endorfin di otak dan mengurangi perubahan suasana hati.

Mengonsumsi jeruk

Selama PMS, sistem kekebalan tubuh akan melemah. Karena itu, pastikan untuk mengonsumsi buah jeruk untuk melindungi diri dari infeksi.

Manjakan diri

Selama PMS biasanya perempuan akan merasa down. Nah, untuk mengangkat suasana hati, disarankan untuk memanjakan diri. Manjakan diri bukan berarti Anda malas-malasan, tetapi Anda bisa melakukannya dengan hal-hal yang lebih produktif.

Mengonsumsi telur

Saat PMS, pastikan untuk menambah lebih banyak telur . Asupan vitamin B dalam telur dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kram.

Memperbanyak makan pisang

Mengonsumsi pisang menjelang menstruasi sangat disarankan. Pasalnya, kandungan kalium yang banyak terkandung di dalam pisang dapat meredakan perut kembung dan mengurangi perubahan hati. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.