foto: dokter sehat

6 Trik Jitu Redakan Tangisan Bayi

foto: dokter sehat

INSPIRADATA. Bayi yang belum bisa bicara secara langsung biasanya menangis untuk mengkomunikasikan keinginannya.  Misalnya saat dia merasa sakit, lapar, atau ketika dia tidak nyaman karena popoknya basah. Semua itu akan disampaikannya melalui tangisan.

Namun, kadang tangisan bayi itu sulit untuk diredakan padahal segala cara sudah ibu lakukan, mulai dari mengganti popok, menyusui ataupun menggendongnya. Jika kondisi seperti itu terjadi, harus bagaimana?

Dilansir dari Alodokter, berikut ini 6 trik jitu yang bisa ibu coba untuk menghentikan tangisan bayi:

Mandikan. Metode ini kerap dipakai dan dianggap berhasil menenangkan bayi yang menangis oleh beberapa ibu-ibu. Alasannya, karena bayi dapat merasa tenang ketika mendengar suara gemericik air. Selain itu, saat mandi juga, kulit Si Kecil akan bersentuhan dengan air dan kulit ibu yang hangat. Kontak kulit ini bisa juga membuatnya tenang, lho!

Matikan lampu. Ketika bayi menangis, coba saja matikan atau buat suasana ruangan menjadi lebih redup. Hal tersebut bisa membuat bayi merasa  tenang layaknya berada di dalam kandungan.

Dengarkan sesuatu yang berisik. Saat masih di dalam kandungan, Si Kecil terbiasa mendengar suara-suara berisik seperti ketika ibu menelan makanan, jantung yang berdetak, dan derasnya aliran darah di tubuh ibu. Suara berisik tersebut ternyata bisa membuatnya tenang selama berada di dalam rahim.

Ibu bisa menghadirkan nuansa itu kembali ketika dia rewel. Suara-suara gaduh yang bisa ibu perdengarkan ke Si Kecil seperti suara kipas angin, suara mesin cuci, suara radio, atau suara vacuum. Rekam suara-suara tersebut di ponsel, lalu mainkan ketika Si Kecil menangis.

Putar ulang suara tangisannya. Menghadirkan sesuatu yang mengejutkan, seperti menyetel suara tangisannya sendiri yang telah direkam, bisa menghentikan tangisan bayi ibu, lho!

Ajak berkeliling naik kendaraan. Mengajak Si Kecil untuk bergerak bisa dijadikan cara untuk menghentikan tangisannya yang tidak kunjung berhenti. Hal ini juga bisa mengingatkannya akan suasana damai ketika di kandungan. Di dalam sana, tubuhnya sudah terbiasa dengan guncangan. Nah, ibu bisa mengajaknya berkeliling naik kendaraan mengitari area di sekitar tempat tinggal. Jika tidak memungkinkan untuk berkendara, ibu bisa menaruhnya di stroller lalu ajak dia menelusuri area rumah.

Pijat bayi. Sentuhan kulit dengan halus dan menenangkan saat melakukan pijat bayi dipercaya dapat mengurangi tangisan dan membuat bayi tidur lebih baik. Cukup buka pakaian bayi dan berikan pijatan lembut pada kaki, tangan, punggung, dada, dan wajah.

Ketika berusaha menghentikan tangisan Si Kecil, jangan langsung menerapkan semua trik di atas. Hal tersebut justru bisa membuatnya bingung dan tetap meneruskan tangisannya. Disarankan untuk mencoba satu atau dua trik dalam waktu tertentu. Jika cara tersebut berhasil, lakukan trik yang sama ketika dia menangis.

Semoga berhasil.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *