Foto: Getty Images

Radang Tenggorokan? Coba Atasi dengan 4 Cara Sederhana Ini

Foto: Dasha444

INSPIRADATA. Tenggorokan sakit, ada bintik merah kecil di atap mulut, susah jika menelan, disertai demam, sakit kepala, dan badan terasa lelah? Tidak salah lagi, berarti Anda sepertinya sedang menderita radang tenggorakan.

Jangan kuatir, radang tenggorokan bukanlah penyakit yang terlalu serius asalkan kita bisa menanganinya dengan tepat, dan sangat sederhana misalnya.

Berikut di antaranya:

1. Minum teh. Anda dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan dengan teh buatan anda sendiri. Gantilah sementara minuman-minuman seperi kopi, cola dan aneka minuman pasaran dengan teh hangat. Jika anda ingin lebih manjur, anda bisa menggunakan teh chamomile. Teh dari jenis chamomile dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan akibat radang. Anda bisa menikmatinya dengan menambahkan madu di dalamnya. Semakin nikmat bukan?

2. Membuat teh jahe. Minum teh saja sudah nikmat apalagi jika ditambah dengan jahe. Jahe memiliki sifat ekspektoran, yang berarti membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan Anda (termasuk lendir ekstra di tenggorokan). Jahe meningkatkan oksigen ke sel-sel, membilas racun, dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya anda potong satu inci jahe yang telah dimemarkan lalu rebus kurang lebih selama tiga menit. Campurkan jahe tersebut dengan teh yang telah dibuat sebelumnya. Lalu nikmati.

3. Minum madu dan juga lemon. Air hangat yang dicampur madu dan lemon juga bisa menenangkan tenggorokan anda. Madu sudah jelas sekali memiliki banyak manfaat. Anda juga bisa mengkombinasikan lemon dan jahe, lemon berfungsi mengencerkan lendir sedangan jahe sebagai penenang. Caranya: campurkan satu sendok madu dan satu sendok lemon dan dituangkan di dalam air hangat. Kemudian minumlah.

4. Makan bawang putih. Yap, kedengarannya aneh. Anda mungkin menghindari makan bawang putih karena selain rasanya yang aneh jika dimakan mentah, namun juga bisa menimbulkan bau mulut tak sedap. Namun bawang putih adalah obat alami yang ampuh mengobati radang tenggorokan. Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan radang dan melawan kuman yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Caranya cukup mudah, iris bawang putih secukupnya lalu gigit dan hisap sari yang keluar dari bawang putih. Lakukan secukupnya, sekali dalam satu hari. []

Sumber: http://sehatsatu.com/cara-menyembuhkan-radang-tenggorokan/


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *