Doa Lain Setelah Bacaan Akhir Sujud, Bolehkah?

0

Salah satu situasi dimana seorang hamba lebih dekat dengan Rabb nya adalah melalui ibadah. Dan ibadah yang paling khusus dengan sang pencipta adalah shalat. Kemudian, dalam sholat terdapat momen dimana seorang hamba benar-benar bersimpuh dan merendah pada Rabb nya, yaitu melalui sujud.

Seperti dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini: “Posisi paling dekat antara hamba dengan Rabbnya adalah ketika sujud, maka perbanyaklah kalian berdoa.” (HR. Muslim No. 482)

Hadits ini menunjukkan anjuran banyak berdoa ketika sujud. Walau ada juga yang mengatakan, tidak boleh ada tambahan selain Subhana Rabbiyal A’la, tetapi pendapat itu berselisih dengan hadits ini.

Dalam Al Mausu’ah disebutkan, tentang komentar atas hadits ini: “Tidak ada perbedaan hal itu antara sujud shalat fardhu dan sunah, kecuali apa yang dikatakan oleh Al Qadhi Iyadh bahwa dari golongan Hambaliyah ada dua riwayat, diantaranya bahwa tidak dianjurkan adanya tambahan atas Subhana Rabbiyal A’la, baik shalat fardhu dan shalat sujud . Ada pun perkataan Malikiyah dan Asy Syafi’iyyah bahwa sunah berdoa pada waktu sujud.” (Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 39/227)

Hanafiyah tidak menganjurkan berdoa ketika sujud, kecuali pada shalat sunah. Malikiyah dan Syafi’iyah menganjurkannya bahkan secara bebas, sedangkan Hambaliyah ada dua riwayat, bahwa sujud itu hanyalah membaca subhana rabbiyal a’la saja, ada juga yang mengatakan boleh berdoa tetapi dengan doa dan dzikir yang ma’tsur saja bukan doa buatan sendiri. []

Sumber: faridnuman.com

Kamu Sedang Offline