Inspirasi dan Data

Abdul Rauf, NBA, dan The Star Spangled Banner

0
Foto: Huffington Post

INSPIRADATA. Terlahir dengan nama Christopher Jackson (ia kemudian berganti nama menjadi Abdul Rauf), sebelum masuk Islam, dia merupakan pemain Universitas Lousiana State saat bergabung dengan Denver Nuggets pada 1990. Sebagai pemain, ia merupakan satu pemain terbaik Nuggets, Ia memiliki rekor 19.2 poin dan 6.8 assist per game pada musim 1995-1996.

Sewaktu masih aktif bermain di NBA, tepatnya di bulan Maret 1996, Abdul Rauf pernah membuat gempar, ia memilih untuk tidak berdiri saat lagu kebangsaan Amerika, The Star Spangled Banner dinyanyikan saat pertandingan akan dimulai.

Tindakannya tersebut bukan tanpa alasan, ia berpendapat bahwa Amerika adalah negara tirani yang banyak menyengsarakan rakyat di berbagai penjuru bumi dan hal tersebut bertentangan dengan keyakinan yang baru (Islam).

Tindakannya tersebut ternyata memicu gelombang kontroversi dan ia harus menerima konsekuensinya dijatuhi hukuman larangan bertanding di NBA.

Walau akhirnya hukuman larangan bermainnya tersebut dicabut dan hanya diganti dengan larangan bermain sebanyak satu kali pertandingan, tapi tak ayal ia kemudian menjadi pemain paling dibenci di AS. Karir basketnya di AS terancam, namun Abdul Rauf tak bergeming dengan keyakinan dan kebiasaannya tersebut.

Pemain NBA muslim lainnya seperti Hakeem Olajuwon menasihatinya untuk tidak melakukan hal seperti itu, akhirnya ia bersedia untuk berdiri saat dinyanyikan lagu kebangsaan Amerika, namun ia tidak ikut bernyanyi melainkan memanjatkan doa sambil mengangkat kedua tangannya. []

loading...
loading...
Comments
Loading...