Foto: NY Daily News

7 Fakta dan Mitos Orang Kidal yang Jarang Diketahui

Orang kidal dikenal memiliki kreativitas, ketrampilan artistik dan keahlian dengan angka. Namun tahukah Anda, orang kidal di zaman dulu ternyata sering mengalami diskriminasi. Namun seiring perkembangan zaman, orang kidal kini tidak lagi diperlakukan demikian.

Berdasarkan penelitian, berikut ini beberapa fakta menarik tentang pengguna aktif tangan kiri.

1. Sejarah mencatat orang-orang kidal dipandang sebagai penanda setan atau tanda neurosis. Ada juga yang menyebut kidal sebagai si pemberontak atau orang-orang dengan kecenderungan kriminal. Ada yang menyebut penggunaan dominan tangan kiri sebagai kebiasaan yang kurang baik. Di luar itu, ada yang memandangnya sebagai ekspresi keterampilan dan kreativitas.

 

2. Meskipun kebanyakan pengguna dominan tangan kanan menggunakan belahan otak kiri saat memproses bahasa, ini tidak berarti bahwa si kidal lebih cenderung menggunakan belahan kanan. Sebuah studi di University of Wellington di Selandia Baru menemukan bahwa 70 persen orang kidal juga menggunakan sisi kiri otak untuk pemrosesan bahasa.

3. Orang-orang kidal memiliki kecenderungan untuk lebih unggul di olahraga tennis, baseball, berenang dan anggar.

4. Kajian dari Universitas di Liverpool dan Milan mengungkap orang-orang kidal lebih unggul menyelesaikan persoalan Matematika ketimbang pengguna dominan tangan kanan.

5. Sejak 1996, tanggal 13 Agustus dirancang sebagai hari untuk pengguna tangan kiri dunia.

6. Di sejumlah budaya, menyampaikan salam dengan tangan kiri dianggap kurang sopan dan berpendidikan rendah.

7. Penelitian lain menunjukkan bahwa selain kemampuan matematika, orang kidal merupakan arsitek yang hebat. Faktanya, mereka sangat unggul dalam segala bentuk kreativitas.  []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *