fakta mumi, 7 Fakta Mumi yang Jarang Diketahui
Unik, Informatif , Inspiratif

7 Fakta Mumi yang Jarang Diketahui

0

Mumi adalah sebuah mayat yang diawetkan, dikarenakan perlindungan dari dekomposisi oleh cara alami atau buatan, sehingga bentuk awalnya tetap terjaga. Pada zaman dahulu, mayat raja atau pemimpin memang sering diawetkan agar selalu utuh.

Mumi bisa sangat awet  jika tubuh tersebut ditaruh di tempat yang sangat kering atau sangat dingin, atau ketiadaan oksigen, atau penggunaan bahan kimiawi.

Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut tujuh fakta mumi yang dikutip dari factretriever.com.

1. Dalam mumifikasi Mesir kuno, bawang kadang digunakan untuk mengisi rongga tubuh, sering kali berfungsi sebagai mata palsu.

2. Orang Mesir menggunakan sejumlah besar linen untuk mumi tubuh. Seprai pada satu mumi dari dinasti ke 11 berukuran 9.095 kaki (845 meter persegi), yang cukup lenan untuk menutupi tiga lapangan tenis.

3. Raja Ramses II adalah mumi pertama yang menerima paspor. Paspornya mencantumkan pekerjaannya sebagai “raja.”

4. Mumi sangat diminati sebagai obat selama Abad Pertengahan Eropa. Misalnya, orang Eropa akan merebus mumi dan menggunakan minyak untuk mengobati memar, sakit perut, dan berbagai penyakit lainnya.

5. Mumi paling populer di dunia kemungkinan besar adalah Vladimir Lenin. Jutaan pengunjung ke Moskow telah mengunjungi mumi tersebut.

6. Di Mesir kuno, seorang dewi bernama Meretseger, yang berbentuk kobra, dikatakan melindungi Lembah Para Raja. Menurut legenda, dia akan buta atau meracuni perampok yang merusak makam.

7. Piramid Mesir tertua adalah Piramida Langkah, bertanggal sekitar tahun 2650 SM. Itu adalah makam Raja Djoser, dan bentuknya seperti sebuah tangga raksasa bagi raja yang mati untuk memanjat ke langit. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.