tombol volume
Foto: Bersosial.com

7 Fungsi Tersembunyi Tombol Volume Smartphone Ini Jarang Diketahui

Salah satu perangkat yang penggunaannya tetap sama di dalam smartphone adalah tombol volume. Umumnya tombol volume pada smartphone dipakai untuk menaik turunkan tingkat suara. Namun ternyata, dibalik itu semua ada fungsi lain yang sebenarnya bisa dieksplorasi lebih dari tombol smartphone.

Berikut ini fitur-fitur lain dari tombol volume yang jarang diketahui, dilansir idntimes.com.

1. Tombol volume : Mengatur banyak audio
Smartphone memutar beberapa jenis audio diantaranya ringtone, notifikasi, alarm, panggilan telepon, dan media.Di beberapa ponsel cara mengaturnya adalah dengan ke menu ‘Setting’ kemudian menuju ‘Sound’. Maka disana akan terdapat slider untuk menyesuaikan tipe audio ini secara terpisah. Untuk beberapa smartphone edisi sekarang biasanya sudah tersedia pengaturan otomatis tanpa harus menuju ‘Setting’.

2. Screenshot
Cara yang satu ini juga tergolong familiar. Namun penggunaannya berbeda-beda dalam setiap merek ponsel. Tombol volume bisa dimanfaatkan untuk screenshot. Ponsel yang dapat memanfaatkan cara ini adalah Sony Experia, Blackberry Z, Lenovo, Xiaomi dan Oppo. Untuk Oppo bahkan bisa melakukan screenshot delapan halaman hanya dalam satu kali screenshot.

3. Merekam Video
Cara yang paling keren dari tombol volume ialah merekam video. Caranya yaitu tentu dengan bantuan aplikasi ‘Secret Video Recorder’. Selanjutnya ubah pengaturan dalam aplikasi tersebut. Maka kamu bisa merekan hanya dengan kedua tombol volume pada ponsel pintarmu. Untuk yang ingin mengetahui tutorial lengkapnya bisa dilihat disini.

4. Menghidupkan layar
Selain dengan menekan tombol power, mengetuk layarnya dan menggunakan sensor sidik jari, menyalakan layar juga bisa dilakukan dengan menekan tombol volume. Caranya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi ‘Volume Unlock Power Button Fix’ yang bisa didapatkan di Play Store. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat disini

5. Shortcut aplikasi
Tombol volume juga dapat dimanfaatkan sebagai jalan pintas menuju aplikasi tertentu. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi ‘QuickClick’. QuickClick merupakan aplikasi yang dapat membuka aplikasi tertentu yang kamu inginkan secara cepat (shortcut) dengan hanya menekan tombol volume dalam pola-pola tertentu.

6. Recovery Mode
Untuk beberapa ponsel, tombol volume juga bisa dimanfaatkan untuk masuk menuju Recovery Mode. Caranya adalah dengan menekan kedua tombol volume dan tombol power bersamaan saat menyalakan smartphone. Tombol volume juga bisa dimanfaatkan sebagai navigasi ketika dalam sedang posisi Recovery Mode. Hal tersebut dikarenakan dalam Recovery Modesmartphone kita tidak dalam sedang posisi layar sentuh yang aktif.

7. Mengunci layar Smartphone
Kemudian yang terakhir adalah untuk mengunci layar smartphone. Mengunci smartphone biasanya dilakukan lebih banyak dengan tombol power. Namun kali ini kamu bisa menggunakan tombol volume. Cara ini tentu dengan bantuan aplikasi yaitu ‘Sequence Unlock’. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *