kota termacet di dunia
Foto: poskotanews.com

7 Hal Ini Berkontribusi Banyak Terhadap Kemacetan Jakarta

Berbicara soal kota Jakarta, kita pasti langsung ingat dengan tingkat kemacetan lalu lintasnya yang sangat padat dan selalu macet. Sampai saat ini pemerintah masih berusaha untuk menurunkan tingkat kemacetan Ibu Kota Indonesia ini.

Lalu apa sih hal yang sangat berkontribusi banyak terhadap kemacetan Jakarta? Dikutip dari IDN Times, berikut tujuh hal yang berkontribusi menyumbang banyak atas kemacetan di Jakarta.

1. Pengemudi lawan arah
Hal ini biasanya dilakukan oleh para pemotor. Jadinya seperti efek domino, satu orang gak sabaran melakukannya, semuanya pun ikutan. Jadi gak heran kalau bikin macet.

2. Transaksi di tengah jalan
Salah satu penyebabnya adalah banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di jalan. Transaksi di jalan ini juga kerap bikin tersendat. Biasanya saat kendaraan sudah mulai bergerak, ada saja yang masih berhenti karena sedang transaksi.

3. Ada kecelakaan tapi orang-orang sibuk menonton
Ya, ini juga jadi salah satu hal yang sering terjadi di Indonesia. Seakan kecelakaan adalah bahan tontonan, banyak orang yang berhenti di tengah jalan untuk melihatnya. Tentu saja hal ini bikin jalanan jadi tersendat.

4. Banyak proyek pembangunan yang memakan jalan
Ini sering kita temui di mana-mana. Dan biasanya, proyek-proyek ini terjadi secara bersamaan, seperti pembangunan MRT ditambah dengan pembangunan underpass di Mampang-Kuningan. Belum lagi proyek-proyek kecil seperti galian di pinggir jalan yang terkadang dibiarkan terbengkalai. Akibatnya, ruas jalan jadi dipersempit atau bahkan dialihkan. Gak heran deh kalau macet terjadi.

5. Lupa mengecek saldo kartu e-toll
Buat kamu pengguna jalan tol mungkin kerap menemukan hal ini. Seharusnya adanya transaksi elektronik bisa meminimalisir kemacetan dengan transaksi yang lebih cepat. Tapi jika ternyata saat transaksi saldo kurang, tidak hanya bikin jengkel para pengemudi lain di belakang tetapi juga petugas tolnya. Sehingga macet karena antrian yang lama gak bisa dihindari. Nah buat kamu pengguna kartu e-toll, selalu cek saldo dulu ya sebelum jalan!

6. Pejalan kaki yang nyebrang sembarangan
Ini jadi pemandangan yang cukup sering dijumpai. Orang yang nyebrang sembarangan jadi bikin para pengemudi harus ngerem mendadak, diikuti oleh pengendara di belakangnya sehingga bisa bikin macet.

Saking parahnya, terkadang suka ada aja yang nyebrang di jalan tol lho!

7. Menyerobot lampu lalu lintas
Entah kenapa, banyak orang yang gak sabaran saat berhenti di lampu lalu lintas. Biasanya kondisinya seperti ini, lampu belum hijau tapi sudah menyerobot atau lampu sudah merah tapi tetap saja menerobos.

Tidak hanya berbahaya, tindakan ini bisa bikin macet kalau kondisi jalan sedang ramai. Jadi gak jarang juga bisa menyebabkan kemacetan makan waktu karena lalu lintas jadi ruwet di persimpangan. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *