tips membeli rumah, 7 Hal yang Wajib Dipertimbangkan saat Membeli Rumah
Unik, Informatif , Inspiratif

7 Hal yang Wajib Dipertimbangkan saat Membeli Rumah

0

Dalam waktu dekat ini, Anda akan membeli rumah? Nah, boleh jadi 7 hal ini bisa Anda pertimbangkan sebelum melakukannya. Maklum, rumah kan yang akan kita tempati dalam jangka waktu yang lama biasanya.

1. Rumah yang berada dekat pantai

Karena rawan banjir yang disebabkan air laut naik / pasang dan rob seperti tsunami yang bisa mencapai 6 kilo dari bibir pantai ke daratan, selain itu tanah didaerah pantai biasanya dulu bekas rawa yang diuruk, jadi suatu saat tanahnya rawan ambles. Air tanahnya cenderung mengandung garam dengan kadar tinggi sehingga berdampak buruk pada kekuatan bangunan, air sumurnya juga cenderung terasa asin dan lengket.

2. Rumah yang berada tepat di bawah kabel bertegangan tinggi (sutet)

Karena kawasan yang berada tepat dibawah “sutet” mengandung medan elektromagnetik yang sangat besar yang dapat berakibat buruk terhadap kesehatan Anda. Jika terjadi kesalahan teknis seperti putus kabel atau robohnya tower pada jaringan sutet akan membahayakan warga yang tepat berada dibawahnya.

3. Rumah yang berada dekat dengan daerah bencana (seperti lapindo)

Karena rawan sering terjadi bencana alam dan dapat merembet ke daerah sekitarnya, lokasi yang dekat dengan daerah bencana alam dapat mengurangi nilai harga jual kembali, bahkan tidak akan ada peminat sama sekali untuk membeli rumah didaerah seperti ini.

4. Rumah yang berada di daerah gersang dan sulit air

Karena Anda akan kesulitan dalam bertanam / membuat penghijauan, dan kesulitan mencari sumber air seperti air sumur, di daerah seperti ini air sumur baru bisa keluar jika dibor dengan kedalaman beberapa puluh meter.

5. Rumah yang berada di daerah padat penduduk

Karena rawan banjir yang disebabkan kurangnya fasilitas pembuangan air / sanitasi, karena saking padatnya pemukiman sehingga tak ada tempat untuk air mengalir dan merembes ke dalam tanah. Juga rawan terjadi kemacetan, biasanya daerah seperti ini berada ditengah – tengah kota besar.

6. Jarak rumah dengan tempat kerja terlalu jauh

Usahakan jarak rumah yang akan dibeli jangan lebih dari 13 km dari tempat kerja Anda, karena banyak resiko kecelakaan yang akan Anda hadapi dalam perjalanan yang terlalu jauh karena faktor kelelahan dan kelalaian. Belum lagi Anda akan sering terlambat kerja karena faktor waktu dan kemacetan. Perhitungkan juga biaya transportasi yang akan Anda keluarkan setiap hari, jika Anda naik kendaran sendiri perhitungkan juga hal – hal untuk penggantian onderdil kendaraan yang akan cepat aus seperti ban, rantai, gigi, van belt, rem, shock breaker, olie dan lainnya.

7. Rumah dengan harga yang terlalu jauh dengan kemampuan Anda

Jika Anda sudah mendapatkan lokasi / daerah yang tepat untuk membeli sebuah rumah, saya anjurkan Anda untuk mengecek ulang perumahan didaerah sekitarnya yang menjual rumah dengan harga paling murah tapi dengan kualitas bangunan yang layak huni. Jangan memaksakan diri untuk membeli sebuah rumah dengan harga diluar kemampuan Anda karena akan memberatkan keuangan Anda dikemudian hari (perhatikan angsuran perbulannya jangan sampai melebihi separuh penghasilan Anda tiap bulan). []

Sumber: suryaharmoni


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.