makanan penangkal polusi
Foto: Getty Images

7 Makanan Penangkal Polusi Ini Wajib Anda Konsumsi

Polusi udara yang saat ini ada semakin hari semakin buruk terasa. Harus kita pahami, manusia merupakan penyebab polusi terbesar di dunia ini. Mulai dari asap kendaraan bermotor, hingga pabrik-pabrik besar dengan limbahnya.

Polusi tentu saja sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia karena menggangu kesehatan tubuh secara nyata. Dengan banyaknya dampak buruk polusi, penting bagi kita untuk mengurangi dampak racun pada udara yang berpolusi.

Dilansir pada laman Times Of India, tujuh makanan ini mampu mengurang dampak polusi udara yang ada di sekitar kita.

Gula Merah
Menurut peneliti kesehatan, gula merah sangat efektif untuk berbagai macam masalah saluran pernapasan seperi asma dan bronkitis. Mengonsumsi pemanis alama ini bersama biji wijen dapat memperoleh hasil yang efektif.

Buah Amla
Buah amla atau malaka dapat mengurangi dampak polusi udara. Sebuah studi menyatakan bahwa mengonsumsi amla secara terus menerus dapat dampak kerusakan hati dan gangguan oksidasi yang disebabkan oleh partikel debu dalam polusi udara.

Daun Basil
Daun Basil dapat melindungi paru-paru dari polusi udara. Tanaman ini dapat menyerap partikel debu di udara dan menyaringnya menjadi udara murni. Menurut pakar kesehatan, mengonsumsi jus daun basil 10-15 ml setiap hari dapat membersihkan polutan dari saluran pernapasan.

Buah Sitrus
Buah sitrus seperti jeruk, jambu, kiwi, anggur dan lemon sangat kaya dengan vitamin C. Konsumsi buah sitrus secara teratur dapat mengurangi efek berbahaya dari asap dan menjaga kesehatan paru-paru.

Tomat
Tomat memiliki kandungan Lycopene, sebuah antioksidan yang dapat menjadi lapisan pelindung bagi sistem pernapasan untuk melawan partikel debu dalam udara.

Kunyit
Kunyit merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi paru-paru dari efek racun polutan. Akar-akaran ini juga mampu mengurangi racun dalam hati dan menjaganya tetap sehat. Pakar kesehatan menyarankan penggunaan campuran kunyit dan minyak samin untuk mngobati batuk dan asma. Bahkan campuran dari kunyit, gula merah dan mentega dapat melawan asma.

Teh Hijau
Teh Hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu membuang racun dalam tubuh. Mengonsumsi dua gelas sehari dapat efektif mengurangi dampak polusi udara pada tubuh. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *