bacaan untuk redam amarah
Foto: Baptist News Global

7 Penyakit Ini Ditimbulkan Akibat Suka Marah?

Banyak keadaan yang bisa membuat seseorang marah. Namun Islam menganggap menahan amarah itu akhlak luhur dan pelakunya pantas dimuliakan. Surga yang luasnya tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi disediakan oleh orang-orang yang bertakwa, dan menahan amarah adalah sifat terkemuka orang-orang yang bertakwa.

Sebagaimana Firman Allah SWT, “Dan bersegeralah menuju ampunan dari tuhanmu dan surga yang seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang mendermakan hartanya dalam keadaan senang dan susah, menahan amarah,dan suka memaafkan kesalahan orang. Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik,” (QS. Al-Balad 11-13).

Selain itu, ternyata seseorang yang mudah marah atau suka marah-marah akan berbahaya bagi kesehatannya. Dilansir oleh Mag for Women, ada tujuh penyakit yang dapat timbul akibat marah-marah. Ketujuh penyakit itu adalah sebagai berikut:

Gangguan Pencernaan

Saat marah, kadar asam lambung meningkat. Kadar asam lambung yang meningkat, membuat berbagai gangguan pencernaan timbul di antaranya yaitu refluks asam, maag, dan sembelit.

Sakit Kepala

Orang yang suka marah-marah biasanya sering mengeluh sakit kepala. Emosional yang terlalu tinggi meningkatkan tekanan darah di kepala sehingga pusing atau migran pun terjadi.

Penyakit Jantung

Mudah marah menimbulkan stress yang membuat resiko penyakit jantung meningkat. Penelitian membuktikan kalau orang yang mudah marah cenderung terkena penyakit serangan jantung.

Depresi

Ketika pikiran stress yang ditimbulkan oleh kemarahan, maka depresi pun mudah datang. Saat depresi datang, tubuh menjadi rentan terkena berbagai penyakit.

Tekanan Darah Tinggi

Marah juga dapat memicu tekanan darah tinggi meningkat. Karena itu, tubuh perlu dijaga agar tekanan darah dalam kondisi normal.

Cemas

Orang yang mudah marah biasanya juga mudah cemas, termasuk dalam hal-hal sepele, bahkan membesar-besarkan suatu masalah. Akhirnya, kecemasan itu pun mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sering Sakit

Akibat mudah marah, sistem imun menurun. Pada akhirnya, karena imun menurun, berbagai macam penyakitpun mudah datang seperti demam, flu, atau batuk. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *