tips pikiran tetap fokus
Foto: startupstockphotos.com

7 Solusi Makan Sehat bagi Pekerja Kantoran yang Super Sibuk

Untuk pekerja kantoran yang selalu disibukan dengan pekerjaannya akan sangat kesulitan dalam mengonsumsi makanan yang sehat. Kesibukan di kantor adalah faktor utama karena tidak adanya waktu yang cukup untuk bisa menikmati makan sehat, sehingga makanan cepat saji menjadi pilihan karena di kenal praktis dan tidak memakan waktu.

Padahal, makanan cepat saji belum tentu memiliki kandungan gizi yang baik. Akibatnya akan ada masalah baru, yaitu masalah berat badan karena selalu mengkonsumsi makanan cepat saji dan makan praktis.

Walaupun sangat sulit tetapi kita bisa membenahi pola makan menjadi lebih baik. Berikut solusi makan sehat untuk orang-orang sibuk:

Pagi Hari

Setelah bangun tidur pada pagi hari, sebaiknya Anda memakan sesuatu untuk menjaga metabolisme tubuh. Buah dan kacang-kacangan seperti almond, biji bunga matahari, dan kenari dapat menjadi pilihan yang sehat karena kacang-kacangan memiliki kandungan serat, lemak sehat, dan protein yang baik untuk tubuh.

Sarapan

Seringkali kita terburu-buru untuk berangkat ke kantor sehingga lupa untuk sarapan. Padahal makan pagi wajib dilakukan untuk dapat menjaga kadar gula dalam tubuh tetap stabil serta membuat tubuh serta otak bekerja lebih efektif. Konsumsi makanan yang praktis namun sehat seperti telur rebus dan jeruk atau roti dengan selai kacang untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein tubuh.

Atur konsumsi teh dan kopi

Kafein terlalu banyak dapat menghambat kinerja otak. Ganti kopi atau teh hitam yang biasa Anda konsumsi dengan teh jijau. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh, membantu pencernaan, dan mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Makanan sehat untuk para pekerja kantor

Di sela-sela waktu antara makan pagi dan makan siang, konsumsi buah atau segelas air kelapa. Segelas jus buah segar juga dapat Anda konsumsi karena mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan dan mengatur keseimbangan pH tubuh.

Makan Siang

Apa yang Anda pilih untuk makan siang serta waktu memakannya memiliki dampak yang signifikan bagi berat badan dan energi tubuh. Makanan yang praktis seperti sandwich bisa menjadi alternatif menu makan siang. Masukkan sumber protein seperti ayam panggang atau ikan tuna ke dalam potongan roti gandum. Tambahkan berbagai sayuran dan lengkapi dengan saus mint dan mustard sebagai pengganti mayonaise. Serta hindari menambahkan keju dalam sandwich Anda. Bisa juga mengonsumsi nasi merah dengan dada ayam panggang disertai banyak sayuran.

Jeda jam makan

Setiap dua jam sekali, Anda perlu makan agar otak mendapat asupan gula untuk menghidari kelelahan, perubahan mood, dan tubuh lesu. Makanlah camilan yang sehat seperti kacang-kacangan, keju rendah lemak, biji labu dan bunga matahari. Satu gelas susu rendah lemak juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Makan Malam

Penting untuk mengetahui kualitas, kuantitas, dan waktu makan malam yang tepat. Banyak yang menganggap bahwa makan malam merupakan makanan pengganti tenaga yang kita keluarkan seharian. Sehingga membuat kita mengonsumsi apa saja yang ingin kita makan. Padahal pada saat malam hari, kita sudah tidak melakukan banyak aktivitas sehingga tidak memerlukan banyak asupan energi. Sebaiknya konsumsi sedikit makanan dengan sayuran dan protein menjadi prioritas. Pastikan Anda makan malam dua jam sebelum waktu tidur. []

Sumber: wolipop.detik.com


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *