hikmah tidur tanpa cahaya
Foto: Lytham Hypnotherapy

7 Tipe Gangguan Tidur yang Dianggap Biasa Namun Berbahaya

Semua orang mungkin pernah mengalami gangguan tertentu saat sedang tertidur. Misalnya mengigau, atau sesak seperti tidak bisa bernapas.

Meski sering dianggap remeh, hal seperti itu ternyata bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Berikut ini beberapa gangguan tidur yang cukup populer yang dikutip dari uzone.id:

1. Jet Lag
Merupakan gangguan sementara yang menyebabkan gejala kelelahan dan insomnia sebagai akibat dari perjalanan udara yang mengalami perubahan zona waktu.

2. Pergeseran Waktu Tidur
Orang yang bekerja dengan sistem shift (pergantian) adalah yang paling sering mengalami gangguan ini. Pasalnya, waktu tidur mereka jadi bergeser dan sulit mengembalikan pada ritme tidur seharusnya.

3. Sleepwalking
Gangguan tidur yang ditandai dengan berjalan atau melakukan kegiatan lain pada saat masih terlelap. Tidur sambil berjalan dapat terjadi pada semua usia. Namun, yang paling sering terjadi pada anak usia 6 sampai 12 tahun.

4. Insomnia
Merupakan ketidakmampuan untuk tidur atau tetap tidur. Dalam jangka pendek, insomnia berhubungan dengan stres yang menyangkut penyakit, tuntutan pekerjaan, atau peristiwa emosional yang mengganggu kehidupan. Ada juga insomnia kronis yang terjadi lebih dari tiga bulan. Insomnia jenis ini yang harus mendapat perhatian serius.

5. Sleep Apnea
Merupakan penghentian napas sementara (sepuluh detik atau lebih) yang terjadi berulang kali selama tidur. Gangguan ini menyebabkan seseorang bangun mendadak. Salah satu gejala yang paling sering terjadi adalah mendengkur, terengah-engah, susah tidur, mengantuk di siang hari, dan sesak napas. Orang dengan berat badan berlebih lebih berisiko terkena gangguan tersebut.

6. Tidur “jorok”
Gangguan tidur yang disebabkan oleh buruknya kegiatan sehari-hari di waktu siang. Misalnya sembarangan menaruh barang disebelah bantal atau berserakan disekitar kasur. Kadang barang-barang tersebut mengganggu kualitas tidur seperti bunyi telepon berdering, dan sebagainya.

7. Teror Tidur
Gangguan tidur yang umum terjadi pada anak-anak. Gejalanya berupa bangun mendadak dalam keadaan ketakutan. Kadang membuat seseorang berteriak dan susah membuka mata. Teror saat tidur mungkin berhubungan dengan ketegangan emosional, stres, atau mengalami mimpi buruk. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *