Unik, Informatif , Inspiratif

7 Tips Mudik Pakai Kendaraan Pribadi

0

Mudik merupakan kegiatan tahunan masyarakat Indonesia ketika akan berlibur panjang lebaran. Banyak kendaraaan yang dipakai ketika mudik, mulai dari motor, mobil, kereta, bis dan lain-lain.

Ketika Anda memilih untuk mudik dengan kendaraan pribadi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar mudik Anda nyaman dan aman.

1. Periksa kondisi kendaraan

Saat membawa kendaraan, Anda harus mengecek dulu kondisinya. Seperti cek rem, kondisi ban, dan mesin. Karena Anda pasti tidak mau jika perjalanan terganggu dengan adanya masalah pad mobil atau motor Anda. Cek kondisi juga bisa menghindarkan Anda dari hal buruk seperti kecelakaan.

2. Hindari melebihi kapasitas muatan

Jika kendaraan pribada Anda melebihi kapasitas muatan, ini akan berdampak pada keseimbangan kendaraan Anda. Dan ini akan membahayakan keselamatan saat berkendara.

BACA JUGA: Tips Menghemat Uang saat Mudik

3. Bawa makanan dan minuman yang cukup

Membawa makanan dan minuman menjadi hal yang penting ketika berkendara dalam keadaan mudik. Biasanya, saat mudik arus menjadi padat. Hal ini membuat Anda susah untuk berhenti membeli makanan dan minuman.

4. Bawa uang yang cukup

Jika Anda membawa uang yang cukup, setidaknya Anda tidak perlu khawatir ketika ada ‘trouble’ seperti pecah ban, atau mendadak harus ganti kampas rem.

5. Bawa peta atau pakai GPRS

Hal ini terlihat sederhana, namun sangat penting dilakukan agar Anda tidak tersesat ketika berada di perjalanan.

BACA JUGA: Agar Tetap Bugar, Ini Tips Puasa saat Mudik Lebaran

6. Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Selain agar tidak ditilang pihak yang berwajib, menaati rambu-rambu juga berguna untuk keselamatan Anda.

7. Istirahat jika merasa lelah

Salah satu faktor kecelakaan adalah karena terlalu memaksakan berkendara saat badan sudah lelah.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya beristirahat beberapa menit agar bisa kembali bugar. Selalu utamakan keselamatan Anda. []


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline