, 8 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa
Unik, Informatif , Inspiratif

8 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

0

 

Bulan suci ramadhan tinggal menghitung hari. Ini adalah saatnya untuk bersiap-siap menyambut bulan suci ramadhan. Hal-hal itu seperti menjaga kesehatan, menstock makanan untuk berbuka puasa atau sahur, atau yang lainnya.

Bulan suci ramadhan adalah sebuah ujian dari Allah SWT kepada mahkluknya untuk menahan rasa haus dan lapar. Bukan hanya itu, Allah SWT juga menguji manusia untuk menahan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Setidaknya ada 8 hal yang wajib kita perhatikan selama menjalani puasa. Jangan sampai 8 hal ini kalian lakukan saat berpuasa karena dapat membatalkan puasa.

1. Memasukkan Sesuatu ke Lubang Tubuh

Memasukkan suatu benda ke dalam organ tubuh yang berpangkal pada orban bagian dalam atau dalam istilah fiqih disebut jauh dapat membatalkan puasa. Lubang yang dimaksud antara lain mulut, telinga dan hidung.

Namun, apabila masuknya benda ke dalam lubang secara tidak sengaja karena lupa atau belum mengetahui hukum masuknya benda ke dalam tubuh, maka orang tersebut bisa melanjutkan puasanya hingga matahari terbenam.

2. Pengobatan Melalui Dua Lubang Tubuh

Melakukan pengobatan dengan cara memasukkan obat melalui qubul dan dubur dapat membatalkan puasa. Misalnya pengobatan yang dilakukan oleh penderita ambeien atau memasang kateter urin maka hal tersebut dapat membatalkan puasa.

3. Muntah dengan Sengaja

Seseorang yang muntah dengan sengaja dapat membatalkan puasa. Namun, apabila muntah terjadi secara tiba-tiba dan tidak disengaja maka orang tersebut bisa melanjutkan puasanya hingga matahari terbenam.

4. Melakukan Hubungan Suami Istri

Melakukan hubungan suami istri saat menjalani ibadah puasa dapat membatalkan puasa yang dijalani. Bahkan, seseorang tidak hanya batal puasa saja melainkan dikenakan denda atau kafarat atas perbuatannya.

Adapun denda yang dimaksud adalah menjalani puasa selama dua bulan berturut-turut atau memberi makanan pokok senilai satu mud (0,6 kilogram beras atau 3/4 liter beras) kepada 60 fakir miskin. Denda ini diberikan sebagai ganti atas dosa yang dilakukan.

5. Keluar Air Mani

Air mani yang keluar diakibatkan aktivitas seksual seperti berhubungan badan ataupun masturbasi dapat membatalkan puasa. Namun, apabila keluar air mani lantaran mimpi basah di siang hari maka hal itu tidak membatalkan puasa.

6. Haid atau Nifas

Seorang wanita yang mengalami haid atau nifas seusai persalinan maka dinyatakan batal puasanya. Orang yang mengalami haid atau nifas berkewajiban untuk mengganti puasa di hari lain.

7. Gila

Seseorang dalam kondisi gila saat menjalani puasa maka puasanya dianggap batal. Sebab, ia dalam kondisi hilang akal atau tidak sadar.

8. Murtad

Seseorang yang memutuskan untuk keluar dari agama Islam dan berpindah ke agama lain saat sedang menjalani puasa, maka puasanya dianggap batal.
Nah, itu tadi penjelasan tentang hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Semoga bermanfaat. []

SUMBER: suara.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.