ngorek kuping
Foto: Hello Sehat

8 Hal yang Terjadi Pada Telinga Ini Ternyata Mengindikasikan Kesehatan Anda

Cotton bud, atau biasa disebut korek kuping menjadi alat yang paling umum digunakan untuk membersihkan telinga. Padahal, tidak banyak yang tahu sebenarnya kotoran telinga memiliki fungsi sebagai pelindung. Kita juga bisa mengetahui keadaan kesehatan berdasarkan warna kotoran telinga yang dibersihkan.

Dilansir dari brightside me, 8 warna kotoran telinga ini bisa memberi tahu informasi kesehatan Anda.

1. Berwarna putih

Jika kotongan telinga berwarna putih, itu menandakan bahwa Anda kekurangan vitamin dan zat mikro di dalam tubuh, khususnya zat besi dan tembaga.

2. Bau tidak sedap

Bau tidak sedap yang keluar bersama kotoran telinga menandakan bahwa telinga Anda sedang mengalami infeksi. Jika Anda mengalami gejala ini, sebaiknya segera mengunjungi dokter THT.

3. Cairan kotoran telinga

Jika konsistensi kotoran telinga Anda telah berubah baru-baru ini, ini bisa menunjukkan dimulainya proses peradangan. Ada baiknya, segera kunjungi dokter spesialis.

4. Kekeringan kotoran telinga

Penjelasan termudah untuk kekeringan kotoran telinga adalah kurangnya lemak di dalam tubuh kita. Selain itu, bisa saja kita mengalami penyakit kulit lainnya. Jadi, jangan dianggap remeh yah. Coba cek bagaimana bentuk kotoran telinga Anda, tapi jangan terlalu sering untuk membersihkan telingan dengan cotton bud karena juga tidak baik untuk kesehatan telinga kita.

5. Warna abu-abu

Jika kotoran telinga Anda berwarna abu-abu tanpa gejala lain, tidak perlu khawatir. Kemungkinan itu hanya debu saja. Biasanya kotoran warna abu-abu dialami penghuni kota yang udara di kotanya tercemar.

6. Telinga dengan bekas darah

Jika Anda melihat bekas darah saat membersihkan telinga, ini bisa menunjukkan bahwa gendang telingan Anda bermasalah. Dalam kasus ini, telinga mungkin mengalami infeksi, yang dapat menyebabkan otitis (peradangan pada telinga) dan berakibat memburuknya pendengaran. Jika terjadi terlalu sering, kunjungilah dokter.

7. Berwarna coklat

Jika kotoran telinga berwarna coklat atau lebih gelap, ini bisa menunjukkan bahwa tubuh kita telah mengalami masa-masa sulit. Mungkin luangkan waktu di lingkungan yang tenang dan damai selama beberapa hari.

8. Berwarna hitam

Jika hanya terjadi sekali, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun jika telinga menjadi gatal dan rasa gatal menjadi lebih kuat, maka Anda harus mengunjungi dokter karena warna hitam dari kotoran telinga menandakan infeksi jamur. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *