Unik, Informatif , Inspiratif

8 Kebiasaan Masyarakat Jepang Ini Layak Anda Tiru

0

Setiap negara memiliki budaya dan keunikan masing-masing. Hal tersebut tentunya menjadi ciri khas tersendiri bagi setiap negara. Lalu, bagaimana jika kita meniru kebiasaan orang-orang dari negara lain? Selama itu berdampak positif dan tidak bertentangan dengan norma yang berlaku, mengapa tidak?

Nah, salah satu negara yang masyarakatnya memiliki banyak kebiasaan baik adalah Jepang. Apa saja kebiasaan baik itu? Berikut ringkasannya

BACA JUGA: 4 Penyebab Budaya ‘Ngaret’

1. Selalu bersemangat dalam membuat inovasi dan improvisasi

Orang Jepang selalu melakukan improvisasi dan inovasi dalam hidupnya, baik dalam karier maupun yang lainnya. Mereka senantiasa melakukan pembaruan untuk hidup lebih baik dan meninggalkan masa lalu yang buruk.

2. Orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian

Pengelolaan keuangan orang Jepang dikenal sangat baik, hal ini bisa dilihat dari banyaknya alat yang diciptakan untuk meminimkan pengeluaran sehari-hari. Selain itu kebiasaan masyarakat di Jepang adalah belanja setelah jam 7.30 malam, karena ternyata pada jam tersebut toko-toko di Jepang akan memberikan potongan harga hingga 50 persen.

3. Tidak ada budaya menraktir

Di Indonesia kita mengenal kebiasaan menraktir teman. Biasanya teman yang mengajak harus membayar ongkos jalan atau makannya. Berbeda dengan negara kita, di Jepang, jika ada orang yang mengajak makan bersama bukan berarti kita ditraktir, tapi tetap bayar masing-masing.

BACA JUGA: Mantan Petinju Wanita Asal Jepang Ini Akhirnya Memeluk Islam

4. Walaupun mereka adalah pengembang teknologi, mereka bukan gadget freak

Banyak smartphone yang dikembangkan di Jepang. Hal ini karena memang Jepang adalah negara yang kreatif dan inovatif sehingga produk mereka banyak dikenal sampai mancanegara. Namun, walaupun demikian, negara ini malah menerapkan larangan membawa gadget ke sekolah. Tujuannya sudah pasti, supaya anak-anak bisa fokus belajar.

5. Mereka menganggap budaya baca sebagai sumber pengetahuan

Lain gadget, lain dengan buku. Nah, saking cintanya dengan membaca, mereka terbiasa menghabiskan waktu luang dengan membaca. Bahkan saat dalam kendaraan pun mereka akan membaca.

6. Orang Jepang selalu menghargai proses, bukan hanya hasilnya

Orang Jepang percaya bahwa tidak ada kesuksesan yang instan. Sehingga ketika muda mereka selalu bekerja keras untuk membangun pondasi bisnisnya. Rintangan dan tantangan telah menjadi hal biasa bagi mereka. Justru dari proses menuju sukses inilah mereka bisa belajar banyak hal. Sehingga mereka selalu menghargai setiap usaha untuk sukses.

BACA JUGA: Rumah Berantakan? Coba Trik untuk Membenahi Rumah Seperti Orang Jepang

7. Mereka terkenal punya loyalitas yang tinggi

Orang Jepang mempunyai loyalitas yang tinggi. Selama hidup, biasanya mereka hanya bekerja pada satu atau dua tempat saja, tidak seperti kebanyakan bangsa-bangsa lain. Mereka tidak berpindah-pindah karena rata-rata gaji di perusahaan-perusahaan Jepang relatif sama.

8. Menghargai waktu

Bagi orang Jepang waktu adalah segalanya, karena kita tidak akan bisa mengembalikan waktu. Mereka paling anti dengan jam karet seperti yang sudah biasa dilakukan orang Indonesia.

Mereka selalu datang lebih awal ketika bekerja dan juga tidak mengenal yang namanya pulang cepat. Mereka lebih suka lembur daripada pulang lebih awal. Wah! []

 

SUMBER: BRILIO


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline