foto Geevv

Mahasiswa UI Ini Ciptakan Mesin Pencari Sekaligus Buat Donasi

foto Geevv

INSPIRADATA. Azka Slimi, mahasiswa Universitas Indonesia  tahun ini berhasil menciptakan mesin pencari seperti Google.

“Kegiatan browsing sudah jadi keseharian. Bahkan bisa dibilang sudah jadi bagian dari gaya hidup. Terlebih di Indonesia sendiri,” cerita Azka seperti dilansir dari CNNIndonesia.com. Alasan itulah yang membuat gadis berusia 21 itu tertarik mengembangkan sebuah mesin pencari.

Mesin pencari hasil ciptaan Azka ini dinamai ‘Geevv’. Secara teknis, cara kerja Geevv memang tak jauh berbeda dari Google. Namun secara prinsip, Azka menekankan bahwa startup yang ia buat adalah social search engine. Apa maksudnya?

Kata Azka, Sosial diatas lebih cenderung jadi cerminan tujuan utama yang ingin dicapai dari sebuah mesin pencari. Dengan kata lain, mayoritas keuntungan yang dihasilkan dari Geevv akan disalurkan ke sejumlah program sosial seputar kesehatan, pendidikan, dan kemiskinan.

Tiap satu pencarian yang berhasil dilakukan melalui situs Geevv.com, pengguna menghasilkan Rp10 di saldo donasi mereka. Angka itu akan terus berlipat seiring jumlah pencarian yang dibuat.

Uang donasi yang yang dihasilkan pengguna dapat terlihat langsung di pojok kanan atas situs pencarian. Azka menjelaskan bahwa jumlah uang donasi itu berasal dari pendapatan iklan yang masuk. Setelah mengambil 20 persen untuk profit perusahaan, sisa pendapatan sebesar 80 persen ditujukan untuk donasi.

“Cara penghitungannya adalah jumlah rata-rata iklan yang muncul dibagi banyaknya hasil pencarian,” terang Azka.

Sederhananya, makin sering mesin pencari buatan anak bangsa ini digunakan, maka berlipat pula donasi yang akan dihasilkan.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *