foto: Agama Archives

Mertua Galak? Begini Cara menjinakkannya…

foto: Agama Archives

INSPIRADATA. Pernikahan bukan hanya menyatukan dua jiwa saja, namun juga mengikat tali persaudaraan antara keluarga pria dan wanita.

Tidak jarang juga terjadi konflik atau masalah yang timbul. Terutama ketika beradaptasi dengan kebiasaan baru dan orang-orang baru dalam keluarga baru kita.

Masalah paling umum adalah antara mertua dan menantu. Bagaimana jika dapat mertua yang galak?

Dilansir dari abiummi.com, berikut ini cara ‘menjinakkan’ mertua galak tersebut:

  1. Memberi Hormat. Pada umumnya orang tua akan merasa senang jika dihormati orang lain. Apalagi jika orang tersebut lebih muda darinya dan penghormatan itu dari menantunya sendiri. Menghadapi orang tua harus menggunakan trik tersendiri. Tidak sama dengan ketika kita berhadapan dengan teman sendiri atau yang masih sebaya.
  2. Bersikap sopan. Saat berbicara dengan mertua, jaga kesopanan dan selalu berusaha untuk bersikap ramah kepadanya. Demikian pula dengan pakaian. Saat bertemu dengan mertua harus selalu memakai pakaian yang sopan.
  3. Memberikan pujian. Selain dihormati, orang tua juga sangat senang mendapat pujian. Maka setiap ada kesempatan beri mereka pujian, meski tidak secara langsung. Misalnya, saat bercengkrama dengannya ucapkan rasa syukur alhamdulillah karena mendapat suami atau istri yang baik sesuai dengan yang diidamkan. Ucapan seperti ini akan menjadikan mertua merasa tersanjung dan merasa dirinya sudah berhasil memberi pendidikan dan akhlak yang baik kepada anaknya. Selanjutnya secara otomatis beliau akan menaruh perhatian pada menantunya dan mengurangi sikap galaknya.
  4. Melakukan Pendekatan. Jurus ampuh lainnya untuk melunakan hati mertua galak adalah melakukan pendekatan secara pribadi. Meski berbeda umur, bukan tidak mungkin antara mertua dan menantu memiliki beberapa persamaan. Cara seperti ini tidak saja membuat hubungan menantu dan mertua menjadi lebih akrab, tapi juga bisa membuat mertua merasa diperhatikan oleh menantunya. Pada akhirnya nanti, bukan saja sifat galaknya yang hilang, bisa jadi mertua menjadi sayang pada menantunya.
  5. bersabar. Banyak cara lain untuk mengakrabkan diri dengan mertua galak dan mudah marah. Yang terpenting adalah menantu mau bersabar hati dan menganggap jika meredakan kegalakan mertuanya merupakan bagian dari tantangan hidupnya.

Semoga bermanfaat.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *