Hati-hati Pilih Obat Nyamuk

0 13
-  - Hati-hati Pilih Obat Nyamuk -
Foto: Modern Pest

INSPIRADATA. Sekarang ini, di pasaran bebas obat nyamuk dijual beragam. Mulai dari berbentuk semprotan, bakar, oles maupun elektrik. Semua punya khasiat yang sama; mengusir nyamuk atau dalam tingkatan yang paling ekstrem membunuhnya. Bedanya hanya terletak pada kemasan dan bahan aktif atau zat racunnya.

Obat nyamuk termasuk bahaya buat manusia. Ini karena kandungan bahan aktifnya merupakan jenis insektisida pembunuh serangga. Selain itu, umumnya produk obat nyamuk juga memiliki zat tambahan tertentu berupa pewarna, pengawet serta pewangi. Bahan-bahan tambahan yang lainnya, seperti juga zat aktif yang terdapat dalam obat nyamuk juga dapat merugikan kesehatan.

Semua jenis obat nyamuk mempunyai zat racun (tentu saja untuk nyamuk) baik pada obat nyamuk bakar, semprot dan elektrik. Racun ini bersifat membunuh nyamuk. Yang sedikit berbeda adalah obat nyamuk oles. Obat ini lebih bersifat mencegah yaitu sekadar mengusir nyamuk saja.

Tetapi walaupun zat racunnya sama, ternyata dosis obat nyamuk satu dengan yang lainnya masing-masing berbeda. Nah, yang menjadikan semakin berbahayanya obat nyamuk ternyata justru kita sendiri; bagaimana kita menggunakannya—maksudnya jumlah pemakaiannya.

Misalnya saja, obat nyamuk semprot. Kadar bahan aktif obat nyamuk semprot yang memang sedikit, dapat bertambah banyak jika disemprotkan berulang kali di ruangan kita. Padahal mestinya, cukup hanya satu kali saja. Karena sebanyak apapun nyamuk yang tengah berkeliaran, akan merasakan sesak yang sama dengan satu kali semprotan saja.

Obat nyamuk bakar mengandung lebih banyak risiko lagi—bahkan yang terbesar. Karena asapnya dapat ikut terhirup juga oleh kita. Sedangkan obat nyamuk semprot cair memiliki konsentrasi berbeda, karena cairan yang dikeluarkan ini akan diubah menjadi gas. Artinya, dosisnya lebih kecil. Sementara obat nyamuk elektrik lebih kecil lagi, karena bekerja dengan cara mengeluarkan asap tapi dengan daya elektrik.

Prinsip obat nyamuk sebenarnya simpel saja. Makin kecil dosis bahan zat aktif, makin kecil pula bau yang ditimbulkan. Sekaligus, makin minim pula kemungkinan mengganggu kenyamanan manusia.

Pada obat nyamuk yang beredar di lingkungan kita, bahan aktif yang dipakai pada obat nyamuk adalah yang cepat terurai dan berdaya racun tinggi. Artinya mematikan nyamuk dengan cepat. Namun, pemakaian obat nyamuk yang tidak benar, dapat membahayakan kesehatan. Seberapa jauh dampaknya tergantung pada jenis, jumlah, usia dan bahan campurannya. []

(Visited 7 times, 1 visits today)
loading...
loading...

You might also like More from author

Comments

Loading...