Foto: Styles Weekly

Mengapa Lubang Hidung Ada 2?

Foto: Styles Weekly

INSPIRADATA. Hidung meskipun terlihat sama ternyata memiliki perbedaan struktur, salah satunya memiliki saluran nafas yang besar dan yang lain memiliki saluran nafas yang kecil. Udara yang melewati saluran pernapasan yang kecil bergerak dengan lambat, sebaliknya udara yang melewati saluran pernapasan yang besar akan bergerak cepat. Ke dua lubang hidung kita ini memilki tugas masing-masing dalam kondisi tertentu untuk mencium bau.

Ketika hidung mencium bau, akan ada partikel yang masuk ke hidung, kemudian untuk mengenali bau apakah itu akan dideteksi oleh sensor pembau di dalam hidung. Begitulah cara kedua lubang hidung kita mencium bau. Masalahnya, ada beberapa bau yang mudah sekali hilang yang akan sulit dideteksi oleh lubang hidung yang saluran pernafasannya kecil, jelas ini tugas lubang hidung yang satu lagi untuk menciumnya. Begitu pula sebaliknya, ada bau yang sulit dikenali oleh lubang hidung yang memiliki saluran pernafasan yang lebih besar, untuk mendeteksinya lubang hidung dengan saluran nafas yang kecillah yang bertugas. Sungguh kerjasama dua lubang hidung yang baik.

Dunia kesehatan juga telah mebuktikan secara klinis bahwa lubang hidung sebelah kanan mengeluarkan udara panas dan lubang hidung sebelah kiri mengeluarkan udara dingin. (Sebelah kanan mewakili matahari panas dan sebelah kiri mewakili bulan dingin). Bisa dikatakan ada perbedaan antara dua lubang hidung, lubang hidung kanan dan kiri.

Dua sifat berbeda ini dimanfaatkan untuk terapi sakit kepala. Caranya, ketika kita merasa sakit kepala misalnya saja pusing, kita tutup saja lubang hidung sebelah kanan dan bernafas menggunakan lubang hidung sebelah kiri selama kira-kira 5 menit. Jika lelah, bisa mengganti menutup lubang hidung sebelah kiri dan bernafas menggunakan lubang hidung sebelah kanan. Efek akan semakin terasa jika dilakukan lebih dari 5 menit.

Benar atau tidak, panas dingin ini katanya juga ada hubungannya dengan tingkat kesabaran laki-laki dan perempuan. Perempuan lebih banyak bernafas dengan lubang hidung sebelah kiri yang mengeluarkan udara dingin sementara laki-laki lebih banyak menggunakan lubang hidung sebelah kanan yang mengeluarkan udara panas. Itu sebabnya perempuan lebih sabar daripada laki-laki.

Kedua lubang hidung ini masing-masing memiliki kemampuan dalam mencium bau. Lubang hidung dengan saluran pernapasan yang kecil dalam beberapa kasus akan sulit mendeteksi bebauan yang cepat hilang, maka ini akan menjadi tugas saluran besar. Begitu pula sebaliknya jika saluran besar tidak bisa mengenali bau tertentu maka akan menjadi tugas saluran kecil. []

Sumber: pipa-biru/Sylvia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *