Unik, Informatif , Inspiratif

9 Cara Efektif Atasi Masalah Tidur

0
masalah, 9 Cara Efektif Atasi Masalah Tidur
foto: ExpertBeacon

INSPIRADATA. Tidur merupakan cara yang ampuh untuk beristirahat melepas lelah. Namun, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas tidakah mudah. Terkadang tidur justru menimbulkan masalah tertentu.

Bagaimana mengatasinya?

Dilansir dari brightside.me, berikut ini 9 cara efektif mengatasi masalah tidur berdasarkan sains:

Hindari kopi dan teh tujuh jam sebelum tidur. Kopi yang mengandung kafein justru bisa memicu semangat dan dipercaya bisa menghilangkan keinginan tubuh untuk tidur.

Ketika terganggu karena mendengkur, cobalah tidur menghadap ke samping dengan tangan di bawah kepala.

Jika leher terasa sakit, gantilah bantal setidaknya dua tahun sekali. Sebab kondisi bantal bisa sangat mempengaruhi posisi leher saat tidur. Tinggi rendahnya bantal serta keras atau empuknya, bila tidak sesuai  bisa menyebabkan pegal atau sakit pada leher.

Jika sering terbangun di malam hari,  jangan minum-minuman keras sebelum tidur. Bukan hanya sebelum tidur, minuman keras bahkan berbahaya jika diminum pagi ataupun siang hari. Selain tidak baik bagi kesehatan, minuman keras juga diharamkan.

Jika bagian hati sakit dan terasa panas saat tidur, segera konsultasikan hal itu ke dokter.

Jika pundak sakit, cobalah tidur menghadap ke atas sambil memeluk bantal.

Jika sulit bangun tidur di pagi hari, cobalah biasakan bangun setiap hari di waktu yang sama sekalipun di akhir pekan atau hari libur.

Ketika keram, coba pijat lembut pada bagian yang keram. Bisa juga dengan mengoleskan balsem atau obat  gosok yang hangat.

Kalau punggung sakit, atasi dengan menggunakan bantal. Taruh bantal disekitar tempat yang membuat punggung merasa nyaman.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.