Unik, Informatif , Inspiratif

9 Manfaat Manis dari Mangga Muda Asam

0 199

manga-mudaINSPIRADATA. Mangga adalah salah satu buah tropis yang paling terkenal dan banyak penggemarnya. Di Indonesia saja, jenis mangga ada berbagai macam, contohnya mangga harum manis, mangga indramayu, manga manalagi, dan masih banyak yang lainnya. Selain buah mangga masak yang kaya vitamin, ternyata banyak juga manfaat mangga muda untuk kesehatan tubuh.

Buah mangga muda biasanya memiliki rasa asam yang memiliki kenikmatan yang berbeda dengan mangga masak yang rasanya manis. Namun, dibalik rasa asamnya, mangga muda ternyata mengandung banyak khasiat.

Berikut ini manfaat manis dari mangga muda asam yang kaya akan vitamin C ini untuk kesehatan tubuh kita:

1 Obat Gangguan Pencernaan dan Sembelit.

Kandungan alkali yang tinggi pada mangga muda dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan dan juga mengobati sembelit. Untuk hasil maksimal, Anda dapat mengkonsumsi mangga muda dengan campuran madu dan garam.

2 Meminimalkan Morning Sickness.

Buah ini dapat meminimalkan frekuensi keluhan saat masa kehamilan seperti morning sickness dan mengurangi intensitas pada wanita hamil. Oleh karena itu, buah ini cocok dikonsumsi ibu hamil.

3 Pencegah Penyakit Jantung.

Kandungan kalium yang cukup banyak pada mangga muda bermanfaat untuk menjaga denyut jantung tetap stabil dan terkendali. Selain itu, kandungan serat pada mangga muda juga dapat membuang lemak jahat melalui saluran pencernaan, sehingga darah menjadi bersih dan terhindar dari plak penyebab penyakit jantung.

4 Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Mangga muda memiliki kandungan senyawa yang bersifat antioksidan, sehingga dapat menahan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.Kandungan vitamin C dalam mangga muda yang cukup berlimpah juga sangat bermanfaat memperkuat imunitas tubuh terhadap berbagai macam penyakit, seperti anemia, TBC, kolera, diare, hingga kanker.

5 Penangkal Radikal Bebas.

Pada buah mangga muda terkandung senyawa yang bersifat antioksidan dan senyawa ini berfungsi untuk melindungi sel tubuh anda dari radikal bebas. Kandungan seraat yang dimiliki buah ini ada dua yakni pectin dan selulosa yang keduanya membantu melarutkan makanan.

6 Menjaga Kesehatan Hati.

Buah mangga muda ini mengandung zat besi yang cukup banyak dan salah satu fungsinya yakni untuk menjaga hati agar tetap sehat. Tak hanya itu saja, mangga muda juga dapat membersihkan usus dari berbagai infeksi bakteri yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya.

7 Membantu Proses Diet.

Karena serat pangan larut di dalam buah ini dapat memberikan kesan kenyang cukup lama dan mengurangi ngemil, maka buah ini cocok dimasukan dalam program diet anda.

8 Untuk Anti Aging.

Selain untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh, manfaat buah mangga muda ternyata juga berguna untuk kesehatan kulit Anda. Vitamin C dalam mangga muda merupakan salah satu dari 5 vitamin yang sangat baik untuk kulit Anda. Vitamin C pada mangga muda dapat mengatasi masalah kulit keriput, mencerahkan kulit dan menguatkan kuku. Hal ini karena, vitamin C terkenal sebagai penangkal radikal bebas yang sangat baik untuk tubuh.

9 Kaya Akan Vitamin C.

Mangga muda memiliki rasa yang asam, akan tetapi buah ini memiliki kandungan viamin C yang sangat banyak sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dalam memperkuat tulang. VitaminC juga bermanfaat dalam penyerapan zat besi agar tidak terjadi pendarahan.

Demikianlah informasi dari kami terkait manffaat buah mangga muda. Semoga membantu Anda tahu lebih baik.

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline