Unik, Informatif , Inspiratif

9 Tanda Kalau Anda Butuh Liburan

0 25

Rutinitas yang sangat padat seringkali membuat Anda lupa waktu dan kehilangan kesempatan untuk menikmati liburan. Walaupun kesibukan Anda begitu penting, tapi liburan juga tak kalah penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

Dengan berlibur, Anda bisa mengistirahatkan otak dan fisik agar lebih rileks. Selain itu, liburan juga dapat meningkatkan hormon endofin yang akan memberikan rasa senang dan bahagia. Hal ini akan berdampak baik pada kinerja Anda ke depannya.

Setidaknya, ada 9 hal yang menandakan tubuh Anda butuh berhenti dari segala rutinitas dan pergi liburan. Berikut di antaranya:

1. Sulit tidur

Jika Anda sudah sangat merasa lelah, tapi sulit terlelap, itu tandanya Anda sedang stres. Kondisi stres yang terjadi pada tubuh Anda akan membuat sulit untuk relaks agar dapat tertidur.

2. Badan Sakit Tanpa Alasan Jelas

Bukan hanya sulit tidur, stres juga bisa menyebabkan sakit pada tubuh. Rasa sakit yang dirasakan pada tubuh ini adalah konsekuensi fisiologis yang diakibatkan oleh reaksi kimia dari otak untuk melawan stres yang terjadi.

Bentuknya beragam, mulai dari peningkatan denyut nadi, tekanan darah yang meninggi atau menurun lebih dari kondisi biasanya, berkeringat tanpa alasan, nyeri dada, sakit punggung, hingga sakit kepala.

Jika tidak segera ditangani, pencernaan Anda juga akan ikut bermasalah. Bahkan Anda bisa pingsan dan jadi lebih rentan pada virus, flu, atau infeksi.

3. Tidak Termotivasi untuk Bekerja

Rutinitas yang padat tanpa diselingi liburan dapat membuat Anda merasa bosan dan kesulitan mengumpulkan motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Anda akan sulit merasa puas terhadap hasil kerja yang dimiliki dan tentunya akan merasa bahwa segala sesuatu yang terjadi terasa sangat mengganggu.

4. Sulit Fokus
Jika Anda merasa sudah terlalu sering membuat kesalahan, sulit untuk fokus pada pekerjaan, mudah lupa, sulit memecahkan masalah dan mengambil keputusan, berarti Anda membutuhkan waktu liburan.

5. Kesulitan Menghadapi Masalah Kecil

Orang-orang yang kekurangan waktu liburan biasanya akan kesulitan untuk memahami perspektif yang berbeda. Mereka pada umumnya akan menganggap masalah kecil seakan gangguan yang besar yang membutuhkan penyelesaian secepat mungkin.

6. Tak Lagi Punya Waktu Luang

Ketika tidak ada lagi waktu kosong untuk melakukan hobi atau kegiatan favorit dan Anda sudah terlalu lelah untuk melakukan hal lain merupakan pertanda bahwa Anda butuh liburan secepatnya.

7. Merasa Tak Punya Teman

Saat Anda kurang liburan, emosi akan cenderung berubah menjadi negatif. Anda menjadi mudah tertekan dan mulai sering mengeluh, mudah frustrasi, juga mudah tersinggung. Anda juga cenderung merasa tidak punya teman dan menarik diri dari lingkaran pertemanan. Pada akhirnya, semua terasa salah.

8. Memulihkan Diri dengan Cara yang Tidak Sehat

Ketika Anda merasa bahwa makan-makanan tidak sehat, atau menghabiskan waktu kosong hanya dengan menonton televisi sudah menjadi hal yang paling nyaman untuk dilakukan, sudah dipastikan Anda sangat perlu liburan.

9. Berperilaku Kontraproduktif dalam Bekerja

Ketika kondisi yang disebabkan oleh stres seperti mudah tersinggung sudah terbawa ke ranah pekerjaan, Anda perlu sangat hati-hati. Sering berargumen dengan rekan sekerja, atau merasa kesulitan untuk bangun tidur dan memulai hari serta tidak tiba di kantor tepat waktu, akan membuat kondisi buruk tidak hanya terjadi pada diri Anda tapi juga lingkungan.

Nah, menjelang akhir pekan, segeralah rencanakan liburan Anda. Apalagi jika 9 tanda tadi sudah muncul dan terjadi pada Anda. []

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline