foto: Uceng999

Fasilitas yang Menyenangkan dan Bermanfaat untuk Karyawan Google, Tertarik?

foto: Uceng999

INSPIRADATA. Kini, Google dianggap sebagai search engine terbaik bagi para netizen dunia. Dibalik kesuksesannya ini, ada beberapa kebijakan yang memang dirasa sangat menguntungkan bagi semua pihak baik perusahaan sendiri atau para karyawannya.

Memang, fasilitas yang menyenangkan sekaligus bermanfaat dari perusahaan sangat diharapkan oleh para karyawannya.

Tapi, tahukah anda beberapa fasilitas menyenangkan yang disediakan Google bagi para karyawannya? Disitat dari Tentik.com, beberapa fasilitas menyenangkan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gratis makan 3 kali sehari

Google memfasilitasi para karyawannya dengan makan pagi atau sarapan, makan siang dan juga makan malam. Hal ini diberikan oleh Google karena lokasi kantor yang agak jauh dari restoran. Tentu saja fasilitas ini sangat membantu para karyawan untuk menghemat waktu maupun uang.

2. Tempat kerja dekat dengan dapur

Masih berkaitan dengan urusan perut. Selain menyediakan fasilitas makan 3 kali sehari, ruang kerja karyawan pun didesain agar dekat dengan dapur. Mereka bisa lebih bebas membuat kopi atau mengambil snack disela-sela bekerja. Sehingga mereka tak perlu pergi jauh dari ruangan kerjanya saat merasa lapar.

3. Fasilitas cuci gratis

Capek untuk mencuci baju, Biasanya karyawan Google akan membawa baju kotornya ke Googleplex setiap hari Minggu.

Bukan tanpa alasan, mereka melakukan hal ini karena Google memang menyediakan fasilitas laundry serta layanan dry cleaning, sehingga mendukung karyawannya untuk bisa benar-benar beristirahat di akhir pekan.

4. Beragam permainan

Di saat istirahat, Google menyediakan fasilitas penghibur yang bisa digunakan karyawan untuk istirahat sejenak seperti bermain pingpong dan billiar. Tak ketinggalan, perlengkapan video game bahkan disediakan untuk bisa memfasilitasi istirahat para karyawannya.

5. Fasilitas olahraga dan kesehatan

Google mendukung kesehatan karyawannya, mengingat kesehatan merupakan kunci produktivitas karyawan mereka agar tetap prima.

Google menyediakan fasilitas gym serta kolam renang yang dijaga petugas khusus untuk memastikan keselamatan penggunanya. Karyawan sakit? Google bahkan memfasilitasi karyawan untuk bisa membuat janji dengan dokter di kantor.

6. Aturan 80/20

Google memiliki aturan 80/20, yang berarti karyawanya wajib menghabiskan 80% waktu kerja di kantor. Sementara 20% waktu mereka digunakan untuk mengerjakan proyek khusus sesuai dengan passion yang dimiliki oleh karyawan.

Waktu 20% yang diwajibkan Google bagi para karyawan untuk mengerjakan proyek sampingan ini tak jarang menelurkan berbagai inovasi teknologi canggih.

7. Belajar di mana dan kapan saja

Google sangat mendukung karyawannya untuk selalu belajar. Buktinya, sampai ke toilet pun mereka menghiasnya dengan puzzle dan tips seputar koding. Jadi meski karyawannya sedang melakukan aktivitas di kamar mandi pun mereka tetap bisa mempelajari sesuatu.

8. Teknisi yang selalu siap kapan saja

Jika karyawan perusahaan lain sering menggerutu ketika komputer maupun mesin fotokopi rusak, maka lain halnya dengan karyawan Google. Karyawan yang mengalami kerusakan alat elektronik akan langsung dibantu oleh unit pendukung teknologi atau TechStop Google yang dijaga spesialis IT terbaik di Googleplex selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

9. Cuti pun tetap digaji

Spesial di Google, meski cuti dalam jangka waktu yang lama, mereka akan tetap digaji seperti biasa.
Bagi karyawan perempuan Google yang ingin melahirkan, karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan atau karyawan yang akan menikah.

Google akan memberikan cuti selama 18 minggu bagi karyawan perempuan yang melahirkan dan 6 minggu bagi karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan.

10. Tunjangan kematian

Google pun tak pernah habis memerhatikan karyawannya, bahkan hingga karyawannya meninggal dunia. Ketika karyawan mereka ada yang meninggal, Google akan segera mencairkan asuransi jiwa karyawan tersebut dan memberikan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Bahkan setengah dari gaji karyawan tersebut akan diberikan kepada suami atau istrinya hingga 10 tahun ke depan. Untuk anak-anaknya, Google bahkan memberikan tunjangan US$1000 setiap bulan.


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *