foto: Skippickhard

Tips Agar Bisa Ungkapkan “I Love My Job”

foto: Skippickhard

INSPIRADATA. Tidak semua orang mencintai pekerjaan yang digelutinya sehari-hari. Mungkin kami, anda dan semuanya pernah merasa bosan dan merasa nggak semangat sama sekali, bahkan sampai membayangkan akan kegagalan karena telah memilih pekerjaan tersebut.

Cinta akan pekerjaan, menjadi hal yang sangat mempengaruhi para pekerja menjalani pekerjaannya. Walau banyak hambatan dan kesulitan dalam mejalaninya. Mozaic.co.id telah membagikan “tips agar kita mencitai pekerjaan yang sekarang sedang dijalani,” berikut ulasannya:

1. Fokuslah dengan apa yang anda suka dari pekerjaan sekarang

Dalam hidup, anda pasti akan menemukan beberapa hal yang bikin sulit hidup. Termasuk soal pekerjaan. Tapi cobalah percaya, nggak semua hal di kantor bikin hidupmu berat. Cobalah pikirkan apa yang anda suka dari pekerjaan, lalu lakukan lebih banyak dan lebih baik lagi. Bisa juga soal rekan kerja yang baik hati, yang kadang membantu tugas-tugas anda di kantor atau mengajarkan hal-hal baru.

2. Buat perubahan walau sekecil apapun

Rasa bosan di kantor bisa jadi alasan utama orang nggak bahagia dengan pekerjaan mereka. Cobalah ambil satu langkah untuk mengubah apa yang membuat andanggak sukai di kantor. Atau tantang diri anda untuk mencari satu hal yang bisa mendatangkan kebahagiaan di kantor, lalu wujudkanlah!

3. Rapikan area kerja

Ketika anda merasa mudah emosi, bisa jadi karena meja andaberantakan sehingga andasusah mencari file yang berserakan, laci yang penuh sehingga semuanya harus ditumpuk di atas meja. Singkirkan benda-benda yang sudah nggak berharga dan atur rapih semua file sesuai dengan kategorinya. Maka anda akan bekerja lebih nyaman dan praktis, serta terhindar dari emosi yang muncul karena rasa kesal yang berlebihan.

4. Gabung dengan kegiatan di luar pekerjaan

Biasanya setiap kantor punya perkumpulan kecil atau kegiatan-kegiatan yang dibentuk di luar pekerjaan. Seperti grup olahraga yang dilaksanakan setelah jam kantor atau semacamnya. Hal ini bisa membuat kita lebih akrab sama rekan-rekan kerja dan bisa membuat motivasi buat anda dateng ke kantor.

5. Stop fokus dengan uang

Uang nggak akan ada cukupnya jika dipikirkan terus menerus, jadi stop orientasi uang, atau menjadikan uang buat alasan keluar dari pekerjaan. Kalau anda mengejar uang, maka anda akan lupa untuk mengejar karir. Kalau anda mengejar karir, sudah pasti duit akan ngikutin kamu. Ingat, semakin tinggi karir anda, tentu semakin tinggi gaji yang anda terima. Pindah kerja dengan alasan uang nggak akan bisa bikin duit anda terus bertambah banyak setelah anda mendapat kerja di tempat baru. Saat anda sadar kalau karir anda lemah, maka gaji anda pun akan lemah juga di tempat baru.

6. Ajukan diri untuk tugas tambahan

Kebanyakan orang hanya mau melakukan tugas yang jadi job desk mereka. Di luar itu, mereka nggak mau ngerjakan dengan alasan kalau itu akan buat mereka lebih sibuk atau nggak sesuai dengan gaji. Padahal, menambah pekerjaan di luar job desk kadang bisa jadi penyegaran buat diri anda di kantor.

Efeknya malah bikin atasan merasa anda sudah siap untuk mendapat tugas dan jabatan baru yang lebih menantang. Jadi, kalau tawaran itu nggak datang-datang juga, nggak usah sungkan buat ngajukan diri. Karena bisa jadi bos anda merasa anda belum siap.

7. Mencari alternatif solusi

Terjebak rutinitas memang sangat membosankan. Tapi ada cara supaya anda dapat penyegaran baru, yaitu dengan mencari perspektif lain dalam menyelesaikan tugas-tugas anda di kantor. Pikirkan apa yang sudah anda lakukan untuk nyelesaikan satu tugas. Lalu cari cara lain untuk nyelesaikan tugas itu. Apakah ada cara yang lebih baik untuk menyelesaikannya? Lebih cepat, atau minta saran orang lain untuk mencari alternatif solusi.

Nah, jadi kalau anda sendiri sudah berhasil menyukai pekerjaan yang anda lakukan saat ini, maka kerja pun jadi lebih semangat dan karier pasti akan mengikuti. Yang jelas, jangan lupa buat lebih banyak tersenyum dan tertawa di kantor. Semakin bahagia anda di kantor, semakin cinta anda dengan pekerjaan. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *